Pola komunikasi guru taman kanak-kanak RA darul Karomah Betro Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Martika Wahyu (2018) Pola komunikasi guru taman kanak-kanak RA darul Karomah Betro Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Martika Wahyu Ningrum_B06214012.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat fokus penelitian yang hendak dikaji dalam skripsi ini yaitu bagaimana pola komunikasi guru Taman Kanak-kanak dengan anak didiknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru TK dengan anak didiknya.Untuk menjaga fokus penelitian tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang diharapkan agar mampu menyelidiki lebih dalam terhadap fokus penelitian yang diamati dengan seksama mengenai pola komunikasi guru Taman Kanak-kanak dengan anak didik. Dari hasil penelitian ini temukan bahwa (1) Pola komunikasi primer, dalam penelitian yang telah dilakukan pola komunikasi primer ini terjadi pada guru pada siswanya pada saat guru menyampaikan pesannya melalui komunikasi verbal maupun nonverbal, (2) Pola komunikasi bermedia (mainan), karena ketika guru sedang menyampaikan isi materi guru akan melakukan pola komunikasi dengan menggunakan media mainan juga sebagai alat untuk menyampaikan materi pembelajaran pada anak didiknya. (3) Pola Komunikasi dialog, pola komunikasi dialog dengan menggunakan metode tanya jawab. (4) Pola Komunikasi perhatian, pola komunikasi ini juga sering terjadi pada saat guru sedang melakukan proses belajar mengajar, hal ini biasanya sering terjadi ketika siswa sedang mengalami kesulitan dalam megerjakan latihan dari guru. (5) Pola Komunikasi memancing/stimulan, pola komunikasi memancing sering digunakan guru untuk melatih keberanian anak dalam berkomunikasi baik itu dengan guru atau dengan orang sekitar di lingkungan sekolahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Martika Wahyumartikawahyuningrum14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Pola Komunikasi; Komunikasi Guru; RA Darul Karomah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ningrum Martika Wahyu
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:40
Last Modified: 10 Aug 2018 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27101

Actions (login required)

View Item View Item