فعالية تطبيق نموذج التعلم بصري، سمعي، حركي لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع بمدرسة الفلاح المتوسطة تراوسان سوموبيط جومبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Humairok, Nazilatul (2018) فعالية تطبيق نموذج التعلم بصري، سمعي، حركي لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع بمدرسة الفلاح المتوسطة تراوسان سوموبيط جومبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nazilatul Humairok_D92214087.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Falah Trawasan Sumobito Jombang masih tradisional terutama pada pembelajaran keterampilan menulis. Guru masih menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan strategi, metode maupun model pembelajaran yang kreatif. Sehingga siswa-siswi terlihat bosan dan tidak semangat dalam proses pembelajaran bahasa arab. Maka dari itu peneliti menerapkan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Peneliti membahas tentang efektivitas penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Mts Al-Falah Jombang. dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana keterampilan menulis siswa kelas VII MTs. Al-Falah TrawasanSumobitoJombang. 2) Bagaimana cara penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Mts Al-FalahTrawasanSumobito Jombang. 3) Bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Mts Al-Falah TrawasanSumobitoJombang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui sebab dan akibat terhadap penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik). Subjek penelitiannya adalah kelas VII jumlah siswa ada 21 siswa. Dan instrumen penelitian yang digunakan adalah: 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi, 4) Angket, 5) Tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Efektivitas penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa berdasarkan hasil dari analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil: T hitung (26) sedangkan T table (1,724). Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Humairok, Nazilatulnazilatul.khumairok49@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Model pembelajaran; visual auditori kinestetik; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Humairok Nazilatul
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:21
Last Modified: 14 Aug 2018 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27102

Actions (login required)

View Item View Item