Terapi mutaba'ah al-yaum untuk meningkatkan self management pada seorang mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mohamad Yusof, Mohd Khairul Anwar (2018) Terapi mutaba'ah al-yaum untuk meningkatkan self management pada seorang mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohd Khairul Anwar Bin Mohamad Yusof_B43214122.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah proses terapi Mutaba’ah Al-Yaum untuk meningkatkan self management pada seorang mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya? 2) Bagaiman hasil akhir terapi Mutaba’ah Al-Yaum untuk meningkatkan self management pada seorang mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif pada studi kasus mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Peneliti menggunakan terapi mutaba’ah al-yaum dengan melakukan perubahan waktu yang ideal dalam waktu sehari yang dapat mengurangi kegiatan konseli sehingga tidak bergadang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan sebelum dan sesudah proses konseling. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) dalam penelitian ini proses konseling yang terjadi menggunakan Terapi Mutaba’Ah Al-Yaum, dengan pendekatan ini konseli diharapkan dapat mengubah waktu yang ideal dan mengurangi kegiatan konseli sehingga tidak bergadang kembali. Adapun langkah-langkahnya yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/ terapi dengan Mutaba’Ah Al-Yaum yaitu mengevaluasi kegiatan sehari-hari seseorang. Konseli menulis agenda kegiatan seharian, mulai dari pagi sampai malam hari. Konseli melingkari kegiatan yang menjadi prioritas utama. Setelah itu akan disepakati apa yang akan dilakukan setiap hari di lembaran atau buku mutaba’ah al-yaum serta memberi tanda checklist (√) pada kolom yang tersedia jika telah melaksanakan kegiatan yang direncanakan. Akan ada evaluasi setiap minggu untuk melihat apa saja yang bisa dilakukan konseli dan memberi nasehat dan semangat kepada konseli. (2) Hasil akhir dari proses bimbingan dan konseling islam dengan Terapi Mutaba’Ah Al-Yaum,dalam penelitian ini cukup berhasil, yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap dan waktu yang sebelumnya tidak bisa mengatur waktu dan suka bergadang sekarang konseli menjadi dapat mengatur waktu dan sedikit berkurang bergadangnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mohamad Yusof, Mohd Khairul Anwarkhairulanwaryusof95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yusof Mohd Khairul Anwar Bin Mohamad
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:27
Last Modified: 10 Aug 2018 06:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27122

Actions (login required)

View Item View Item