Pengaruh metode integrated, listening, hand, attention, matching (ILHAM) dan kecerdasan terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Novita (2018) Pengaruh metode integrated, listening, hand, attention, matching (ILHAM) dan kecerdasan terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Novita Sari_D71214076.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan metode integrated, listening, hand, attention, matching (ILHAM) di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo? (2) Bagaimana kecerdasan siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo? (3) Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo? (4) Bagaimana pengaruh metode integrated, listening, hand, attention, matching (ILHAM) dan kecerdasan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan metode ILHAM. Metode ILHAM merupakan metode menghafal al-Qur’an yang memadukan berbagai macam kecerdasan. Integrasi kecerdasan yang dilakukan secara terus menerus tersebut dapat meningkatkan kecerdasan siswa, yang kemudian mampu berkontribusi positif dalam peningkatan prestasi belajar PAI siswa. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo sebagai obyek penelitian, yang batasi pada siswa kelas VIII. Dalam mengumpulkan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik prosentase dan alisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linear berganda, dapat disimpulkan bahwa: (1) prosentase penerapan metode ILHAM di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo bernilai 80,25% termasuk dalam kategori baik, (2) prosentase kecerdasan siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo bernilai 84% termasuk dalam kategori baik, (3) prosentase prestasi belajar PAI siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo bernilai 83,35% termasuk dalam kategori baik, (4) ada hubungan signifikan antara metode ILHAM dan kecerdasan terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo, diperoleh dengan nilai 24% termasuk kategori rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Novitadear.novita24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan Islam
Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Metode ILHAM; Kecerdasan; Prestasi belajar PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sari Novita
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:32
Last Modified: 10 Aug 2018 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27135

Actions (login required)

View Item View Item