Pengaruh terpaan media televisi tentang kasus pembegalan motor terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Prodi Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmi, Fairuzah (2018) Pengaruh terpaan media televisi tentang kasus pembegalan motor terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Prodi Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fairuzah Rahmi_B56211103.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bagaimana terpaan media secara pasti dapat mampu mempengaruhi pemikiran dan tindakan manusia. Salah satu tayangan yang ditampilkan oleh media massa adalah mengenai kasus pembegalan motor yang terjadi diberbagai wilayah di Indonesia khususnya di Surabaya pada pertengahan tahun 2014 hingga 2015. Semakin banyaknya kasus yang ditayangkan oleh media televisi tersebut menurut peneliti dapat mempengaruhi tingkat kecemasan pada diri seseorang. Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Apakah ada pengaruh menonton Pemberitaan Pembegalan Motor terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel?, (2) Jika ada, seberapa besar tingkat pengaruh menonton Pemberitaan Pembegalan Motor terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel?. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode kuesioner terhadap seluruh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, namun hanya dipilih responden yang sesuai dengan kriteria di kampus UIN Sunan Ampel Surabaya dengan metode penelitian populasi. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis produk momen (Rxy) yang berfungsi untuk mengetahui apakah variabel x dan y mempunyai hubungan. Dari hasil penelitian ini ditemukan (1) Ada pengaruh terpaan media televisi tentang pemberitaan pembegalan motor terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (2) Tingkat pengaruh sebesar 0,802 dengan menggunakan Uji Analisis produk momen (Rxy) dibuktikan dengan melihat nilai rhitung > rtabel = 0,802>0,284 yang berarti ho ditolak dan ha diterima. Adanya pengaruh atau tidak juga dapat dilihat pada tabel correlation product moment, dimana nilai signifikansi bernilai 0,000 yang berarti ho ditolak dan ha diterima. Karena hasil koefisiensi korelasi tersebut bersifat positif. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya maka peneliti menggunakan uji korelasi sederhana (uji t), dimana nilai t hitung > t tabel, 9,306 > 2,021 dan p value 0,000 < 0,005, maka ho ditolak dan ha diterima, artinya dapat disimpulkan bahwa terpaan media televisi tentang pemberitaan pembegalan motor terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmi, Fairuzahfairuz.rahmi08@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Berita; Pembegalan Motor; Tingkat Kecemasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rahmi Fairuzah
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:36
Last Modified: 10 Aug 2018 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27153

Actions (login required)

View Item View Item