Hubungan antara Empati dengan kepribadian Altruistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Roudlotul (2018) Hubungan antara Empati dengan kepribadian Altruistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Roudlotul Fitriyah_B07213032.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah penelitian yaitu Adakah Hubungan antara Empati dengan Kepribadian Altruistik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode try out sebagai validasi data. Subjek penelitian adalah relawan bencana alam dari Tagana yang berjumlah 50 relawan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa terdapat nilai significancy hubungan antara empati dengan kepribadian altruistik sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara empati dengan kepribadian altruistik, kemudian besaran nilai Pearson Correlation adalah 0,703. Maka secara positif empati memiliki hubungan atau mempengaruhi adanya kepribadian altruistik subjek penelitian sebesar 0,703 atau 70,3%.. hal ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh Baron dan Byrne (2005) yang mengungkapkan bahwa salah satu faktor disposisional yang menyusun kepribadian altruistik adalah empati. Kemudian Goleman (Sabiq & Djalali, 2012) nmengatakan bahwa faktor empati merupakan kemampuan untuk ikut merasakan perasaan atau pengalaman orang lain, yang merupakan aspek dari kecerdasan emosi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Roudlotulfithriyahiqma95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Empati; Kepribadian Altruistik
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Fithriyah Roudlotul
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:34
Last Modified: 10 Aug 2018 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27162

Actions (login required)

View Item View Item