Rancang bangun media pembelajaran studi hadis berbasis Android

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamzah, Fachrizal (2018) Rancang bangun media pembelajaran studi hadis berbasis Android. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fachrizal Hamzah_H96214018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan smartphone saat ini cenderung menyita banyak waktu belajar mahasiswa, hal ini ditandai dengan kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi dan kurangnya perhatian terhadap penjelasan dosen. Sehingga, pada penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaran berbasis android pada mata kuliah studi hadis guna untuk membantu mahasiswa mencapai kegiatan belajar yang lebih efektif dan praktis. Model yang digunakan pada penelitian ini berupa model Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE), dengan analisis aplikasi berupa analisis kebutuhan yang meliputi analisis fungsional dan nonfungsional. Konsep desain media pembelajaran meliputi desain input, output, proses bisnis, dan Interface. Development yang dihasilkan berupa aplikasi berbasis android, dan implementasi serta evaluasi berupa pencapaian dan kelayakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil dari validasi ahli materi, persentase secara keseluruhan sebesar 100%, validasi ahli media sebesar 84,09%, hasil kuesioner dari keseluruhan mahasiswa prodi sistem informasi sebesar 82,78%, hasil dari fakultas sains dan tekologi sebesar 85,73%, hasil dari prodi ekonomi syariah sebesar 81,26%, dan hasil persentase nilai dari mahasiswa umum sebesar 81,33% sehingga media ini bisa dikatakan sangat layak digunakan untuk media pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamzah, Fachrizalfachrizalhamzah05@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Hadis
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Media Pembelajaran, Android, Studi Hadis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Hamzah Fachrizal
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:33
Last Modified: 10 Aug 2018 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27172

Actions (login required)

View Item View Item