Fa'aliyah tatbiq namudzajut ta’allum at ta’awuni Rotating Trio Exchange litarqiyati maharah qira’ah al-lughoh al-arabiyah madah al-mihnah at-thibbiyyah lada tulabil fashl tsamin ‘A’ bimadrasah badrus salam al mutawasithoh al islamiyyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumalasari, Siti Nur (2018) Fa'aliyah tatbiq namudzajut ta’allum at ta’awuni Rotating Trio Exchange litarqiyati maharah qira’ah al-lughoh al-arabiyah madah al-mihnah at-thibbiyyah lada tulabil fashl tsamin ‘A’ bimadrasah badrus salam al mutawasithoh al islamiyyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Nur Kumalasari_D72214037.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Di MTs Badrussalam Surabaya siswa siswi tidak mengerti bacaan serta kosa katanya dan mereka juga tidak bisa membaca dengan intonasi yang benar. Mereka banyak yang membaca bacaan seperti membaca Al-Quran. Hal ini karena guru menggunakan model pembelajaran tradisional. Maka dari itu peneliti menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan keterampilan membaca. Melalui penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif ini, dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana keterampilan membaca bahasa Arab materi “Al-Mihnah At-Tibbiyah” siswa kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Badrussalam Surabaya? 2.Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab Materi “Al-Mihnah At-Tibbiyah” siswa kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Badrussalam Surabaya? 3. Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab Materi “Al-Mihnah At-Tibbiyah” siswa kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Badrussalam Surabaya?. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa 1. Observasi , 2. Wawancara, 3. Dokumentasi, 4. Angket dan 5. Test. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari 24 siswa kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Badrussalam Surabaya menggunakan Pre dan Post Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab Materi “Al-Mihnah At-Tibbiyah” siswa kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Badrussalam Surabaya. Pernyataan ini berdasarkan hasil dari analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil : T-test (13,26) sedangkan T-tabel (2,069 dan 2,807). Maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumalasari, Siti Nurst.nurkumalasari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Kumalasari Siti Nur
Date Deposited: 13 Aug 2018 08:26
Last Modified: 13 Aug 2018 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27181

Actions (login required)

View Item View Item