Peningkatan pemahaman materi gaya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) bagi siswa kelas v SDI Sabilil Falah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Bella Azizatun (2018) Peningkatan pemahaman materi gaya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) bagi siswa kelas v SDI Sabilil Falah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Bella Azizatun Nisak_D97214085.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa materi gaya dalam mata pelajaran IPA. Hal itu guru kurang berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Oleh harena itu, peneliti melakukan upaya dalam meningkatkan pemahaman melalui model Team Games Tournament. Tujuan penelitian yang pertama untuk mengetahui penerapan model Team Games Tournament meningkatkan materi gaya mata pelajaran IPA di kelas V. Tujuan yang kedua mengetahui peningkatan pemahaman siswa materi gaya mata pelajaran IPA setelah menggunakan model Team Games Tournament di kelas V. Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model PTK Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan pada masing-masing siklus yaitu, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Team Games Tournament dalam penelitian ini dapat diterapkan dengan baik, terbukti skor hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,5 meningkat menjadi 92,25 pada siklus II, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 72,2 meningkat menjadi 88. (2) Peningkatan pemahaman siswa materi gaya mata pelajaran IPA mengalami peningkatan. Dengan begitu presentase ketuntasan pemahaman siswa pada siklus I sebesar 53,57% (Tidak Baik) meningkat pada siklus II menjadi 89% (Sangat Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Bella Azizatunbellaaziza98@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pemahaman Siswa, IPA, Model Team Games Tournament (TGT)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisak Bella Azizatun
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:34
Last Modified: 15 Aug 2018 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27182

Actions (login required)

View Item View Item