Hubungan hasil perkuliahan Mata Kuliah Keahlian Alternatif (MKKA) PAI dengan hasil Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II mahasiswa program studi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Ririn (2018) Hubungan hasil perkuliahan Mata Kuliah Keahlian Alternatif (MKKA) PAI dengan hasil Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II mahasiswa program studi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ririn Hidayati_D91214121.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana hasil perkuliahan Mata Kuliah Keahlian Alternatif (MKKA) PAI pada mahasiswa program Studi PAI UIN Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana hasil Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) mahasiswa program studi PAI UIN Sunan Ampel Surabaya? (3) Adakah korelasi hasil perkuliahan Mata Kuliah Keahlian Alternatif (MKKA) PAI dengan hasil Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL) II mahasiswa program studi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kegiatan PPL II yang cenderung tidak sesuai dengan konsentarasi MKKA yang dipilih mahasiswa, menjadikan mahasiswa kurang menguasai konten materi pelajaran saat mengajar dalam kegiatan PPL II. Salah satu solusi yang tepat dan dapat digunakan dalam permasalahan diatas adalah sinergi antara Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Prodi PAI, dan mahasiswa prodi PAI. Fakultas dapat lebih ketat mengawasi penilaian mahasiswa PPL II, Prodi PAI lebih memanagent perkuliahan agar berjalan dengan baik dan efektif, serta mahasiswa prodi PAI yang lebih serius dalam perkuliahan agar dapat menguasai konten materi ajar tidak hanya menguasai metode pembelajaran sebagai bekal menjadi guru yang profesional. Data-data penelitian ini dihimpun dari mahasiswa prodi PAI angkatan 2014 sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena data-data yang digunakan berbentuk angka dan menggunakan dua variabel. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus “r” product moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil perkuliahan MKKA PAI mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan Tahun 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya berada pada kategori “Nilai A-” didasarkan atas rata-rata nilai yaitu 85 yang artinya hampir memuaskan, (2) Hasil PPL II mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan Tahun 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya pada kategori “Nilai A+” didasarkan atas rata-rata nilai PPL II yaitu 93 yang artinya sangat memuaskan, (3) Ada hubungan antara hasil perkuliahan MKKA PAI dengan nilai PPL II mahasiswa prodi PAI UIN Sunan Ampel Surabaya. Hal ini dibuktikkan diterimanya Ha dengan r hitung 0,411 lebih besar dari r tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Ririnririnhidayati95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Keywords: MKKA PAI; PPL II
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayati Ririn
Date Deposited: 10 Aug 2018 09:24
Last Modified: 10 Aug 2018 09:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27184

Actions (login required)

View Item View Item