Studi komparasi tentang pengelolaan minyak dan gas bumi menurut sistem ekonomi kapitalis dan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apresia, Nur Aqidah (2018) Studi komparasi tentang pengelolaan minyak dan gas bumi menurut sistem ekonomi kapitalis dan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aqidah Apresia_C04211109.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Studi Komparasi Pengelolaan Minyak dan Gas Bumi Menurut Sistem Ekonomi Kapitalis dan Islam ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana konsep pengelolaan minyak dan gas bumi menurut sistem ekonomi kapitalis dan Islam serta apa perbedaan mendasar tentang pengelolaan minyak dan gas bumi menurut sistem ekonomi kapitalis dan Islam. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan strategi studi kepustakaan. Data dihimpun dengan mengkaji secara mendalam dan menelaah sumber kepustakaan yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Deskriptif Komparatif yaitu proses untuk memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam dengan cara membandingkan dua atau lebih objek yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara selected index reading dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah konsep kepemilikan dalam ekonomi kapitalis yaitu diakuinya kepemilikan individu secara penuh dengan mendasarkan kepada hak kebebasan yang berarti setiap individu boleh memperoleh harta yang sebanyak mungkin dengan cara yang tidak dibatasi (bebas). Berbeda halnya dengan sistem ekonomi Islam yaitu diakuinya atas tiga kepemilikan yakni kepemilikan individu, kepemilikan umum, kepemilikan negara yang dibatasi oleh aturan dalam syariat Islam. Maka dalam hal ini, pengelolaan minyak dan gas bumi menurut sistem ekonomi kapitalis dapat dimiliki dan dikelola oleh individu secara penuh, sedangkan dalam sistem ekonomi Islam, pengelolaan minyak dan gas bumi termasuk kepemilikan umum yang harus dikelola negara dan keuntungannya dikembalikan untuk kesejahteraan rakyat. Sejalan dengan simpulan diatas, maka penulis berharap agar sistem ekonomi Islamlah yang menjadi pilihan solusi solutif untuk persoalan ekonomi yang dihadapi negeri ini demi kesejahteraan rakyat dan negara baik di dunia maupun akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Apresia, Nur Aqidahnuraqidahapresia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Minyak; Gas bumi; Kepemilikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Apresia Nur Aqidah
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:44
Last Modified: 10 Aug 2018 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27198

Actions (login required)

View Item View Item