Pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B RA Nurul Ulum Kramat Jegu Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayuniari, Venty Nora (2018) Pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B RA Nurul Ulum Kramat Jegu Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Venty Nora Ayuniari_D78214042.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang ada di kelompok B di RA Nurul Ulum yang banyak siswa nya yang pasif dalam pembelajaran, sikap pasif tersebut membuat keterampilan proses sains kurang terlihat. Hal tersebut terbukti pada hasil pre test, bahwa keterampilan proses sains 8 dari 10 anak belum berkembang. Permasalahan tersebut dikarenakan banyak pembelajaran yang belum mampu mengaktifkan para siswanya. Berdasarkan hal itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu pengaruh metode, yakni mengetahui pengaruh metode eksperimen serta untuk mengetahui kondisi sebelum dan sesudah metode tersebut diterapkan pada kelompok B RA Nurul Ulum Kramat Jegu Taman Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan bentuk Quasi Eksperimental serta berdesain Nonequivalent Control Group Desaign. Berdasarkan desain tersebut penelitian ini terdapat kelompok eksperimen yang mendapatkan treatment. Adapun kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Penilaian pada jenis ini dilakukan saat pre test dan post test, terhadap kelompok eksperimen ataupun kontrol. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut, 1) Kondisi keterampilan proses sains siswa sebelum penerapan metode eksperimen, baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol menunjukkan keterampilan proses sains belum berkembang, hal ini dibuktikan hasil pre test 8 dari 10 anak kelompok eksperimen belum berkembang karena mendapat nilai 1 yang berarti belum berkembang, begitupula kelompok kontrol 7 dari 10 anak juga mengalami hal yang sama. 2) kondisi keterampilan proses sains setelah penerapan metode eksperimen sangat berbeda antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yakni 8 dari 10 anak mampu mendapat nilai 4 di kelompok eksperimen yang berarti telah berkembang sangat baik. 3) Metode eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B RA Nurul Ulum Kramat Jegu Taman Sidoarjo, hal ini dibuktikan = 1 , = 23 dimana syarat perbandingan, ialah jika maka tolak , secara otomatis diterima. Metode eksperimen juga memiliki pengaruh yang tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari nilai perubahan N-Gain yang berbeda antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yakni 90% siswa di kelompok kontrol mengalami perubahan dengan kategori tinggi. Sebaliknya kelompok kontrol 90% siswanya mengalami perubahan dengan kategori rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayuniari, Venty Noraveyrarius@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Metode eksperimen; Keterampilan proses sains
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Ayuniari Venty Nora
Date Deposited: 14 Aug 2018 08:19
Last Modified: 14 Aug 2018 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27200

Actions (login required)

View Item View Item