Inovasi e-pilkades dalam pemilihan kepala desa di Desa Kandangan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faqomi, Indra Sihabul (2018) Inovasi e-pilkades dalam pemilihan kepala desa di Desa Kandangan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indra Sihabul Faqomi_E04213038.pdf

Download (11MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Inovasi E-Pilkades Dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Kandangan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik Tahun 2017 ini memfokuskan kajiannya pada dua permasalahan. Pertama, bagaimana proses penerapan sistem inovasi e-Pilkades dalam pemilihan Kepala Desa di Desa Kandangan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. Kedua, apa saja manfaat dan tantangan dalam menerapkan sistem inovasi e-Pilkades di Desa Kandangan Kecamatan DudukSampeyanKabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menggambarkan seluruh objek penelitian. Informan ditentukan secara purposive sampling yang menekankan pada para aktor yang berkaitan dengan fokus penelitian. Sumber data diperoleh secara primer meliputi Dispendukcapil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, pemerintahan desa, dan masyarakat Desa Kandangan, serta sumber data sekunder dari kajian kepustakaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi, dokumentasi. Kajian ini menggunakan teori Inovasi dan teori Kebijakan Publik yang menganalisis bagaimana proses penerapan inovasi e-Pilkades dan apa saja hambatan dalam menerapkan inovasi e-Pilkades di Desa Kandangan. Dalam penerapan inovasi e-Pilkades ini tidak semuanya bisa berjalan dengan lancar. Apalagi inovasi ini baru diterapkan oleh Kabupaten Gresik untuk pertamakali dalam pemilihan Kepala Desa serentak. Dalam hal ini yang menjalankan inovasi ini adalah Dispendukcapil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan dibuatnya inovasi e-Pilkades ini adalah untuk mencegah adanya calon pemilih dengan surat suara ganda dan memastikan bahwa orang yang mempunyai hak pilih saja yang bisa memilih bukan orang lain yang menggantikannya. Dalam proses penerapannya dilapangan memang sangat dibutuhkan apalagi banyak masyarakat Desa Kandangan yang antusias terkait inovasi ini. Selain itu juga ada beberapa manfaat dalam penerapan e-Pilkades ini antara lain; validasi data, memberikan pemahaman tentang teknologi pemerintah masakini, dan mengurangi kecurangan dalam pemilihan kepala desa. Selain manfaat ada juga tantangan dalam penerapan e-Pilkades yaitu lamanya alat fingerprint untuk membaca sidik jari calon pemilih. Dibandingkan dengan pendataan sistem manual, sistem e-Pilkades dianggap lebih lama dikarenakan sidik jari masyarakat basah ataupun sudah tua sehingga saat ditempelkan di fingerprint susah untuk dideteksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faqomi, Indra Sihabulindrasihabul_faqomi@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Desa
Keywords: Inovasi; Kebijakan; Penerapan; Manfaat dan Tantangan e-Pilkades
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Faqomi Indra Sihabul
Date Deposited: 14 Aug 2018 03:13
Last Modified: 14 Aug 2018 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27201

Actions (login required)

View Item View Item