Pelaksanaan pengajian kitab Nashoihul Ibad dalam meningatkan pendidikan karakter Islam di Pondok Pesantren Mahasisawa al-Jihad Surabya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

I'in Nurun, Ni'mah (2018) Pelaksanaan pengajian kitab Nashoihul Ibad dalam meningatkan pendidikan karakter Islam di Pondok Pesantren Mahasisawa al-Jihad Surabya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda IIn Nurun N_D71214047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pesantren sebuah lembaga yang secara tradisoanal memiliki andil dalam mengader, mendidik dan menyiapakan tenaga yang handal dalam menyebarkan Islam. Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang telah lama berdiri dan berkembang di Indonesia. Pendidikan pesantren dapat di katakan sebagai modal sosial dan perkembangan pendidikan nasional bagi guru di Indonesian. Latar belakang dari penelitian ini sendiri prihatin melihat merosotnya moral bangsa, khususnya kalangan pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang meliputi : (1) Bagaimana pelaksanaan pengajian kitab Nashoihul Ibad di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter Islam di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya. (3) Apakah pelaksanaan pengajian kitab Nashoihul Ibad dapat meningatkan pendidikan karakter Islam di pondok Al-Jihad Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jadi pendekatan yang di teliti dalam pendekatan ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Maksudnya adalah dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo dan dokumen resmi lainnya. Peneliti deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang ada, disamping itu penelitian deskriptif terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau suatu keadaan peristiwa sebagaimana adanya sehingga bersifat sekedar menggunakan fakta. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pengajian Kitab Nashoihul Ibad dapat meningatkan pendidikan karakter pada santri dilihat dari sikap santri tingkah laku meraka sehari-hari ke Tawadhuan santri terhadap pengasuh. Dan yang diharapkan santri dapat menularkan Ilmunya nanti setelah keluar dari pondok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
I'in Nurun, Ni'mahnandanurun456ni'mah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Keywords: Kitab Nashoihul Ibad; Pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ni'mah Nanda Iin Nurun
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:14
Last Modified: 14 Aug 2018 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27212

Actions (login required)

View Item View Item