Pengaruh implementasi metode pembelajaran market place activity (mpa) terhadap penguasaan materi pai makanan dan minumam halal-haram kelas 8 di smp negeri 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bramiarto, Ahmad (2018) Pengaruh implementasi metode pembelajaran market place activity (mpa) terhadap penguasaan materi pai makanan dan minumam halal-haram kelas 8 di smp negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Bramiarto D91214105.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yakni tentang standar Nasional Pendidikan yang digunakan oleh Badan Akredetasi Nasional Peruguran Tinggi. Salah satu cara mewujudkanya yakni strategi pembelajaran. Ini untuk menciptakan lingkungan belajar efektif dan efisien, mengolala kelas, dan mencapai tujuan dari pembelajaran. Adapun metode pembelajaran itu adalah metode pembelajaran Market Place Activity. yang mana metode ini mendorong siswa aktif dalam belajara dan mencari informasi ilmu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana implementasi Metode Pembelajaran Market Place Activity pada pembelajaran PAI bab “Makanan dan Minuman Halal-Haram” di kelas 8 di SMP Negeri 26 Surabaya ? (2) Bag6aimana penguasaan peserta didik dalam materi PAI bab “Makanan dan Minuman Halal-Haram” di kelas 8 di SMP Negeri 26 Surabaya? (3) Bagaimana implementasi metode pembelajaran Market Place Activity terhadap penguasaan Materi PAI “Makanan dan Minuman Halal-Haram” dikelas 8 di SMP Negeri 26 Surabaya?Populasi dan sampel adalah siswa SMP Negeri 26 Surabaya, berjumlah 418 siswa kelas VIII. Dan Sampel berjumlah 72 orang siswa Kelas VIII-G dan kelas VIII-K. Analisis yang digunakan adalah teknik analisis uji “T” untuk mencari pengaruh Implementasi Matode Pembelajaran Market Place Activity terhadap penguasaan materi PAI.Berdasarkan hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan metode pembelajaran Market Place Acivity pada pembelajaran PAI materi “Makanan dan Minuman Halal-Haram” tergolong pada kategori baik. Hal ini mengacu prosentase sebesar 70.1%. (2) Rata-rata peserta didik mendapatkan nilai 85 keatas dalam ulangan harian. Berdasarkan rekapitulasi dan mengacu dalam standar penilaian terkriteria “sangat baik” (3) Dari hasil analisis T-test ada pengaruh dari implementasi metode pembelajaran Market Place Activity terhadap penguasaan Materi PAI. Hal ini berdasarkan analisis data yang menghasilkan thitung sebesar 19,84, dan jika thitung dilihat dengan ttabel dengan dk sebesar 72-1=71 pada taraf sifnifikasi (Ha) diterima dan (Ho) ditolak,ini menunjukan adanya pengaruh dan ada peningkatan hasil dari implementasi metode pembelajaran Market Place Acivity pada penguasaan materi PAI “Makanan dan Minuman Halal-Haram”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bramiarto, Ahmadahmadbramiarto92@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pengaruh : Implementasi Metode Pembelajaran : Penguasaan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bramiarto Ahmad
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:07
Last Modified: 10 Aug 2018 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27213

Actions (login required)

View Item View Item