pengaruh smartphone terhadap prestasi belajar siswa kelas 8 MTs. Walisongo Sugihwaras Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amin, M. Fatkhur (2018) pengaruh smartphone terhadap prestasi belajar siswa kelas 8 MTs. Walisongo Sugihwaras Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Fatkhur Amin_D71214074.pdf

Download (909kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul pengaruh smartphone terhadap prestasi belajar siswa kelas 8 MTs. Walisongo Sugihwaras ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh smartphone terhadap hasil belajar siswa, terutama siswa kelas 8 MTs. Walisongo Sugihwaras Bojonegoro. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas 8 MTs. Walisongo Sugihwaras dengan jumlah keseluruhan 133 siswa. Dan mengabil sampel 50 % dengan cara sampel acak sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode interview, angket, observasi langsung dan dokumentasi nilai raport siswa. Analisis data menggunakan rumus statistik regresi linier sederhana.
Setelah dilakukan penghitungan,dapat disimpulkan: dari Tabel Model Summary menjelaskan tentang besarnya nilai korelasi/ hubungan(R) yaitu sebesar 0,593 dan dengan koefisien determinasi(R²) sebesar 0,351, bahwa pengaruh variabel independent (pengaruh smartphone) terhadsap variabel dependent (prestasi belajar) adalah sebesar 35,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Dan dari persamaan regresi diatas, ditampilkan uji signifikansi dengan uji t, yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara variabel X (smartphone) terhadap variabel Y(prestasi belajar). Dari output coefficients diketahui nilai t hitung= 5,886 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi ada pengaruh yang signifikan variabel X(smartphone) terhadap variabel Y(prestasi belajar). Jika penggunaan smartphone meningkat sebesar 1 satuan, maka prestasi belajar akan menurun sebesar 2,441.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amin, M. Fatkhurfatkhuramin48@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Keywords: Smartphone; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amin Mukhamat Fatkhur
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:34
Last Modified: 14 Aug 2018 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27216

Actions (login required)

View Item View Item