Ta'tsir tathbiq thoriqoh CALLA bi wasilah lu'bah Word Splash litarqiyah maharatil qiroah lithullab shaffi sabi' bilmadrasatil mutawassithatil hukumiyatil 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Ummun (2018) Ta'tsir tathbiq thoriqoh CALLA bi wasilah lu'bah Word Splash litarqiyah maharatil qiroah lithullab shaffi sabi' bilmadrasatil mutawassithatil hukumiyatil 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummun Nisa'_D02214018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di MtsN 1 Surabaya masih membutuhkan perhatian lebih, terutama dalam pembelajaran qiroah. Banyak dari mereka yang masih kesulitan memahami mufrodat dalam teks bahasa Arab, metode dan media yang digunakanpun juga kurang bervariasi yang mengakibatkan siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode CALLA dengan media Word Splash untuk meningkatkan keterampilan membaca. Yang mana metode dan media pembelajaran tersebut dirasa mampu mengatasi permasalahan yang ada. Peneliti membahas tentang penerapan metode CALLA dengan media Word Splash terhadap keterampilan membaca siswa kelas VII MtsN 1 Surabaya dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana keterampilan membaca siswa kelas VII MtsN 1 Surabaya? 2) Bagaimana penggunaan metode CALLA dengan media Word Splash untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII MtsN 1 Surabaya? 3) Bagaimana pengaruh penerapan metode CALLA dengan media Word Splash untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas kelas VII MtsN 1 Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase dan T-test. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah 1) observasi, 3) wawancara, 3) tes 4) angket dan 5) dokumentasi. Sedangkan teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dan subjek penelitiannya adalah kelas VII B dengan jumlah 21 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan metode CALLA dengan media Word Splash untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa, hal ini bisa dilihat dari hasil nilai angket T-hitung (8,973) lebih besar dari T-tabel (2,086). Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Ummunummunnisa22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode CALLA, Media Word Splash, Keterampilan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nisa' Ummun
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:47
Last Modified: 14 Aug 2018 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27217

Actions (login required)

View Item View Item