Pengaruh kompetensi sosial guru terhadap Keaktifan Belajar siswa di MTs At Tauhid Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alimah, Faiqotul (2018) Pengaruh kompetensi sosial guru terhadap Keaktifan Belajar siswa di MTs At Tauhid Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faiqotul Alimah_D91214090.pdf

Download (4MB)

Abstract

Empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru salah satunya adalah kompetensi sosial. Kompetensi sosial adalah kemampuan atau kecakapan seorang guru dalam berkomunikasi maupun rasa empati, baik dengan sesama guru, siswa maupun orang tua siswa. Penelitian ini mempunyai 3 tujuan yaitu: 1. Untuk mengetahui kompetensi sosial guru PAI di MTs At-Tauhid. 2. Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa di MTs At-Tauhid. 3. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi sosial guru terhadap keaktifan belajar siswa.Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun jumlah populasinya adalah 295 siswa di MTs At-Tauhid Surabaya, sampel yang diambil adalah 20% dari populasi yaitu 60 siswa. Lokasi yang diteliti adalah MTs At-Tauhid Surabaya, dengan menggunakan metode wawancara, angket dan dokumentasi, serta menggunakan rumus regresi linier sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kompetensi sosial guru di MTs At Tauhid Surabaya tergolong cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan perolehan nilai prosentase sebesar 60% yang didukung dengan perhitungan angka-angka. Dan hasil nilai prosentase bisa dilihat dari standar penafsiran masuk dikategori 35%-65% yaitu cukup baik. 2) Keaktifan belajar siswa di MTs At Tauhid Surabaya tergolong cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan perolehan nilai prosentase sebesar 49% yang didukung dengan perhitungan angka-angka. Dan hasil nilai prosentase bisa dilihat dari standar penafsiran masuk dikategori 35%-65% yaitu cukup baik. 3) Berdasarkan hasil analisis pengaruh kompetensi sosial guru terhadap keaktifan belajar siswa di MTs At-Tauhid Surabaya menunjukkan diterimanya Hipotesis kerja (Ha) dan ditolaknya Hipotesis Nol (Ho), dengan R square sebesar 0.178 artinya 17.8% keaktifan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh kompetensi sosial guru, sedangkan sisanya 82,2% dipengaruhi oleh lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alimah, Faiqotulfaiqalimah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Kompetensi sosial guru; keaktifan belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alimah Faiqotul
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:10
Last Modified: 14 Aug 2018 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27222

Actions (login required)

View Item View Item