Peningkatan prestasi belajar Matematika materi pecahan sederhana dalam soal cerita melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)pada siswa kelas III MI Darul Hijroh Surabaya tahun ajaran 2017/2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Siti (2018) Peningkatan prestasi belajar Matematika materi pecahan sederhana dalam soal cerita melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)pada siswa kelas III MI Darul Hijroh Surabaya tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Hamidah_D97214122.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini berdasarkan hasil observasi dengan guru mata pelajaran matematika, proses pembelajaran masih monoton dengan metode ceramah yang digunakan oleh guru sehingga mempengaruhi nilai prestasi belajar siswa. Selain itu banyak siswa yang kurang antusias saat pembelajaran berlangsung. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Matematika materi pecahan sederhana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Darul Hijroh Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018? 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Matematika materi pecahan sederhana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Darul Hijroh Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Penelitian ini berjalan dengan baik dan berhasil mengalami peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI Darul Hijroh Surabaya. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya perolehan nilai observasi aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I yaitu 77,5 (baik), kemudian dilakukan perbaikan dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,25 (sangat baik). Nilai observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 75 (baik) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95 (sangat baik). 2) Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai ketuntasan belajar dan rata-rata kelas disetiap siklusnya. Pada pra siklus ketuntasan belajar 64,70% (cukup) dengan rata-rata kelas 68,41 (cukup), siklus I diperoleh ketuntasan belajar 76,47% (baik) rata-rata kelas 74,70% (baik) dan pada siklus II ketuntasan belajar 88,23% (sangat baik) rata-rata kelas 90,58 (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Sitishamidah108@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Prestasi belajar siswa; Matematika; model pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hamidah Siti
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:08
Last Modified: 14 Aug 2018 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27230

Actions (login required)

View Item View Item