Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model sinektik-strategi rotating trio exchange untuk melatihkan kemampuan komunikasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Asmaul Khusnah (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model sinektik-strategi rotating trio exchange untuk melatihkan kemampuan komunikasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asmaul Khusnah Ramadhani_D94214093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran sinektik dan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) untuk melatihkan kemampuan komunikasi tulis dan lisan. Pengembangan perangkat pada penelitian ini menggunakan model Plomp dengan hasil yang dikembangkan berupa RPP dan LKS pada materi kubus dan balok menggunakan model pembelajaran sinektik dan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) untuk melatihkan kemampuan komunikasi untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Uji coba dilakukan pada 32 siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Puri Mojokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, validasi ahli, observasi, dan angket. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 4,32 dalam kategori valid; dan kevalidan LKS sebesar 4,2 dalam kategori valid. Kepraktisan untuk RPP mendapat 3 poin B dan 1 poin A dari validator yang berarti dalam kategori praktis; dan kepraktisan LKS mendapat 3 poin A dan 1 poin B yang berarti dalam kategori praktis. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase keterlaksanaan sintaks sebesar 93.8%; persentase aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran lebih besar daripada persentase yang tidak mendukung pembelajaran; dan respon positif siswa sebesar 95,8%. Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi kubus dan balok menggunakan model sinektik dan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) ini dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan komunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Asmaul Khusnahasmaulkhusnah.ramadhani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Sinektik; Rotating Trio Exchange (RTE); Komunikasi; Luas Permukaan Balok dan Kubus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ramadhani Asmaul Khusnah
Date Deposited: 13 Aug 2018 03:34
Last Modified: 13 Aug 2018 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27238

Actions (login required)

View Item View Item