Membangun kerukunan antar umat beragama berbasis keluarga dikomplek Perumahan Rungkut Mapan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qonita, Nurul (2018) Membangun kerukunan antar umat beragama berbasis keluarga dikomplek Perumahan Rungkut Mapan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Qonita_E02213034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang di Komplek Perumahan yang tepatnya berada di Rungkut Mapan Surabaya. Komplek ini warganya memiliki sikap Toleransi yang sangat bangus, dan cara membangun kerukunan terhadap tetangga yang berbeda agama juga sangat perlu kita tiru. Fokus Penelitian dalam Skripsi in adalah 1. Bagaimana Implementasi keluarga dalam membangun kerukunan antara umat beragama Islam dan Kristen di Komplek Perumahan Rungkut Mapan?. 2.Bagaimana keluarga keluarga berperan dalam membangun kerukunan ? 3.Apa Faktor-faktor penghambat dan penunjang keluarga dalam membangun Kerukunan Antarumat Beragama? Penelitian ini mengunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Pengumpulan data dengan mengunakan metode wawancara, metode observasi. Adapun data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan: 1) Reduksi, 2) Penyajian Data, 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kerukunan yang terjalin di komplek ini dapat di buktikan pada waktu hari-hari besar mereka, mereka saling menghormati satu sama lain. (2) menekankan nilai-nilai kerukunan serta indahnya hidup berdampingan walaupun berbeda keyakinan di dalam lingkup keluarga. Hal ini dibuktikan dengan rukunnya warga di komplek perumahan tersebut. (3) Warga di Komplek Perumahan Rungkut Mapan Surabaya merupakan tipe Masyarakat yang berbentuk paguyupan, dimana mereka sudah terbiasa hidup gotong-royong saling bahu-membahu layaknya saudara. Meskipun terhadap agama berbeda mereka saling merhormati satu sama lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qonita, NurulNurulqonita01@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kerukunan Beragama
Keywords: Membangun Kerukunan Antarumat Beragama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Qonita Nurul
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:28
Last Modified: 16 Aug 2018 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27249

Actions (login required)

View Item View Item