Pengembangan paket "keluhuran" berbasis character of strenghts and virtues untuk meningkatkan optimisme seorang mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosli, Nurafiqah (2018) Pengembangan paket "keluhuran" berbasis character of strenghts and virtues untuk meningkatkan optimisme seorang mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
NurafiqahI_B43214127.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses Pengembangan Paket “Keluhuran” berbasis “Character Strengths and Virtues” untuk meningkatkan optimisme seorang Mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya; 2) Bagaimana hasil dari pelaksanaan paket “Keluhuran” berbasis Character Strengths and Virtues untuk meningkatkan optimisme seorang Mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya; 3) Bagaimana respon konseli terhadap paket “Keluhuran” yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan penelitian kualitatif. Data kualitatif diperoleh melalui hasil wawancara secara lisan dan tulisan. Selain itu, observasi, saran, kritik dan komentar tertulis dan catatan data yang diperoleh melalui wawancara juga melengkapi data kualitatif. Proses pengembangan ini dilakukan melalui empat langkah yaitu, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Diseminasi). Pengembangan Paket “Keluhuran” ini berjalan dengan cukup efektif melalui penilaian hasil sebelum dan selepas terhadap perilaku dan optimisme konseli. Basis produk “Keluhuran” ini dibuat melalui teori Martin Seligman, salah seorang tokoh dari Psikologi Positif yaitu teori “ Character Strenghts and Virtues”. Respon konseli dalam pelaksanaan paket “Keluhuran” ini adalah beliau sangat senang terhadap produk buku tersebut dan merasakannya cukup bermanfaat karena telah membantu beliau untuk memulihkan semangatnya yang kian menghilang sebelumnya.
Kata Kunci: Paket Paket Keluhuran, “Character Of Strenghts and Virtues, Optimisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosli, Nurafiqahafiqahmong18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Kepribadian
Keywords: Paket Paket Keluhuran : Character Of Strenghts and Virtues : Optimisme
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rosli Nurafiqah binti
Date Deposited: 13 Aug 2018 06:51
Last Modified: 13 Aug 2018 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27251

Actions (login required)

View Item View Item