Profil reversibilitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gaya berpikir Sternberg

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pertiwi, Nitasari Putri (2018) Profil reversibilitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gaya berpikir Sternberg. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nitasari Putri Pertiwi_D74214063.pdf

Download (3MB)

Abstract

Reversibilitas merupakan bagian dari perkembangan kognitif siswa dalam hal menerima dan memproses informasi. Hal ini dipengaruhi bagaimana cara siswa untuk memproses informasi yang ada. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam mengolah informasi (gaya berpikir). Perbedaan gaya berpikir dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan reversibilitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gaya berpikir Sternberg.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari delapan siswa dengan ketentuan dua siswa mewakili masing-masing dari gaya berpikir monarchic, hierarchic, oligarchic dan anarchic dari kelas IX-A SMP Negeri 1 Benjeng-Gresik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Hasil data tes tertulis dan wawancara selanjutnya akan dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa: (1)Reversibilitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gaya berpikir monarchic mampu membuat dan mengembalikan persamaan yang senilai dengan persamaan awal di soal menggunakan pola pindah ruas dan pola yang mengacu pada persamaan satu. (2)Reversibilitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gaya berpikir hierarchic mampu membuat dan mengembalikan persamaan yang senilai dengan persamaan awal di soal menggunakan pola pindah ruas, pola yang mengacu pada persamaan satu, operasikan kedua ruas persamaan dan pola yang mengacu pada persamaan awal. (3)Reversibilitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gaya berpikir oligarchic mampu membuat dan mengembalikan persamaan yang senilai dengan persamaan awal di soal menggunakan pola pindah ruas dan pola yang mengacu pada persamaan satu. Namun dalam membuat dan mengembalikan persamaan, kedua siswa tidak dapat menyelesaikan secara sempurna. (4)Reversibilitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gaya berpikir anarchic mampu membuat dan mengembalikan persamaan yang senilai dengan persamaan awal di soal menggunakan pindah ruas, pola yang mengacu pada persamaan satu dan pola yang mengacu pada persamaan awal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pertiwi, Nitasari Putrinitasaripp@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Profil Reversibilitas siswa ; GAYA BERPIKIR STERNBERG.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pertiwi Nitasari Putri
Date Deposited: 19 Mar 2019 10:15
Last Modified: 19 Mar 2019 10:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27281

Actions (login required)

View Item View Item