Analisis kompetensi strategis siswa dalam pembelajaran heuristik vee berdasarkan disposisi matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muna, Tatimmatul (2018) Analisis kompetensi strategis siswa dalam pembelajaran heuristik vee berdasarkan disposisi matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tatimmatul Muna_D94214112.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi strategis siswa dengan tingkat disposisi matematis sangat tinggi, tinggi, dan cukup setelah diberikan pembelajaran heuristik vee. Adapun aspek kompetensi strategis siswa yang menjadi pokok dalam penelitian ini adalah strategi siswa dalam merumuskan, merepresntasikan, dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII E di SMPN 3 Krian. Untuk pengambilan subjek wawancara dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling didasarkan pada hasil angket disposisi matematis dan observasi langsung. Jumlah subjek wawancara 6 siswa yang terdiri atas dua siswa pada masing-masing tingkat disposisi sangat tinggi, tinggi, dan cukup. Instrumen yang digunakan berupa angket disposisi matematis, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran beserta LKS yang disusun berdasarkan pembelajaran Heuristik Vee, tes kompetensi strategis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi strategis siswa disposisi matematis sangat tinggi dalam pembelajaran heuristik vee telah memenuhi semua aspek diantaranya merumuskan masalah dengan membaca, merancang sketsa, secara visual dan verbal; merepresentasikan masalah dalam bentuk gambar dengan menggambar sketsa, menggunakan pythagoras, dan luas trapesium; serta menyelesaikan masalah secara analitik. Kompetensi strategis siswa disposisi matematis tinggi telah memenuhi semua aspek diantaranya merumuskan masalah dengan membaca, imajinasi, secara visual, dan verbal; merepresentasikan masalah dalam bentuk gambar menggunakan pythagoras dan luas trapesium; serta menyelesaikan masalah secara analitik. Kompetensi strategis siswa disposisi matematis cukup meliputi merumuskan masalah dengan membaca dan secara verbal; merepresentasikan masalah dalam bentuk gambar menggunakan pythagoras dan luas trapesium; serta menyelesaikan secara analitik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muna, Tatimmatulmunatatim@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Kompetensi Strategis, Heuristik Vee, dan Disposisi Matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muna Tatimmatul
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:09
Last Modified: 13 Aug 2018 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27311

Actions (login required)

View Item View Item