Terapi Islam dan gangguan obsesif-kompulsif: studi kasus penerapan terapi rukiah di Cenlecen Pasongsongan Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asrori, Moh. Mizan (2018) Terapi Islam dan gangguan obsesif-kompulsif: studi kasus penerapan terapi rukiah di Cenlecen Pasongsongan Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Mizan Asrori_B53214023.pdf

Download (6MB)

Abstract

Manusia memiliki potensi untuk merasakan kecemasan saat berada di suatu tempat di dunia ini. Gangguan obsesif-kompulsif (Obsessive Compulsive Disorder-OCD) adalah satu gangguan yang bermula dari pikiran yang cemas. Gangguan obsesif-kompulsif merupakan suatu gangguan anxietas, orang yang mengalami gangguan ini pikirannya dipenuhi dengan pemikiran yang menetap dan tidak dapat dikendalikan. Akibatnya individu tersebut dipaksa oleh pemikirannya sendiri untuk terus menerus mengulang suatu tindakan tertentu. Tidak ada kategorisasi jenis kelamin khusus untuk orang yang rentan mengalami gangguan ini, lelaki dan wanita sama-sama berpotensi mengalaminya. Pada sebuah kasus, klien dengan gangguan obsesif-kompulsif dapat menjadikan dirinya begitu terasing dari keluarga dan lingkungannya dengan tindakan-tindakan ritualistik yang sering tidak rasional. Seperti membasuh tangan berpuluh-puluh kali hanya supaya yakin sudah tidak ada bakteri yang menempel. Untuk mengatasai gangguan ini diperlukan sebuah tindakan penyembuhan berupa terapi rukiah. Rumusan masalah penelitian ini terdiri dari dua rumusan: (1) Bagaimana proses Terapi Rukiah dalam menangani klien dengan gangguan Obsesif-Kompulsif di Cenlecen Rajun Pasongsongan Sumenep? (2) Bagaimana hasilTerapi Rukiah dalam menangani klien dengan gangguan Obsesif-Kompulsif di Cenlecen Rajun Pasongsongan Sumenep? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan beberapa narasumber, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh sepenuhnya, peneliti menganalisa data menggunakan kualitatif deskriptif analisis. Semua data diinterpretasikan kemudian dianalisa secara keseluruhan. Hasil dari penelitian ini, adalah: (1) Metode terapi rukiah mengacu pada tahapan konseling (identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi, follow up, evaluasi) dan teknik dari terapi rukiah yang terdiri atas tahap persiapan, tindakan, dan tahap pasca tindakan (tindakan lanjutan). (2) Sedangkan hasil akhir dari terapi rukiah ini adalah berhasil, dilihat dari perubahan yang terjadi pada klien, meski belum terlalu drastis dan signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asrori, Moh. Mizanmizanuinsa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Terapi Rukiah; Gangguan Obsesif Kompulsif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Asrori Moh. Mizan
Date Deposited: 15 Aug 2018 08:18
Last Modified: 15 Aug 2018 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27318

Actions (login required)

View Item View Item