Metode storytelling untuk meningkatkan minat membaca pada anak usia dini di TK An Nur gang modin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Binti Kassim, Jumaria (2018) Metode storytelling untuk meningkatkan minat membaca pada anak usia dini di TK An Nur gang modin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Jumaria Binti Kassim_B43214117.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan metode storytelling untuk meningkatkan minat membaca pada anak usia dini di TK Unggulan An Nur, (2) bagaimana hasil pelaksanaan metode storytelling untuk meningkatkan minat membaca pada anak usia dini di TK Unggulan An Nur. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Subjek penelitian adalah anak-anak kelas A dan kelas B yang belajar di TK Unggulan An Nur Gang An Nur. Penelitian berhasil menunjukkan bahwa anak-anak sangat suka kegiatan bercerita disekolah dan mereka mengakui bahwa kegiatan bercerita disekolah ini sangat penting untuk membantu meningkatkan minat anak. Dapat disimpulkan berdasarkan dari hasil analisis yang dilakukan oleh konselor terhadap anak-anak TK Unggulan An Nur menunjukkan bahwa mereka suka jika ada kegiatan bercerita disekolah serta bersetuju bahwa kegiatan bercerita disekolah itu sangat penting untuk mereka.Selain itu mereka akan lebih berminat membaca buku yang telah diceritakan oleh guru karena telah memahami alur cerita serta ingin jika kegiatan bercerita ini dilakukan setiap hari disekolah. Anak- anak ini juga merasa senang jika guru-guru menggunakan bermacam-macam teknik bercerita sebagai contoh memutarkan video, menggunakan buku dan menggunakan alat peraga agar mereka tidak cepat bosan dengan cerita yang akan disampaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Binti Kassim, Jumariajumariaayra91@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Storytelling, Minat Membaca.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kassim Jumaria Binti
Date Deposited: 13 Aug 2018 03:15
Last Modified: 13 Aug 2018 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27321

Actions (login required)

View Item View Item