Rational emotive therapy dalam menangani kecemasan akan kematian pada seorang warga di Desa Sukorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sinaga, Ahmad Rifai (2018) Rational emotive therapy dalam menangani kecemasan akan kematian pada seorang warga di Desa Sukorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Rifai Sinaga_B53214014.pdfb.pdfc.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses Rational Emotive Therapy dalam Menangani Kecemasan akan Kematian pada Seorang Warga di Desa Sukorejo Gresik? 2) Bagaimana hasil Rational Emotive Therapy dalam Menangani Kecemasan akan Kematian pada Seorang Warga di Desa Sukorejo Gresik?Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang diterapkan adalah teknik analisis deskriptif komparatif yang mana peneliti membandingkan keadaan konseli sebelum dan sesudah proses konseling diberikan. Terapi ini dilakukan dengan Rational Emotive Therapy.Proses Rational Emotive Therapy dalam Menangani Kecemasan akan Kematian pada Seorang Warga di Desa Sukorejo Gresik dilakukan sebagaimana tahapan dalam bimbingan dan konseling pada umumnya, yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/ terapi dan evaluasi/ follow up. Adapun konseling yang diberikan dengan pada Rational Emotive Therapy adalah Relaksasi dan Disputing Cognitive. Pada tahap relaksasi konselor membantu untuk mengurangi hirarki kecemasan, sedangkan pada disputing cognitive konselor mendebat pernyataan-pernyataan konseli yang memiliki keyakinan irasional.Hasil akhir dari poses konseling terhadap konseli dalam penelitian ini dinyatakan cukup berhasil dengan prosentase 62.5%. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari tingkat kecemasan konseli serta meyakini bahwa dirinya mampu menyelesaikan masalahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sinaga, Ahmad Rifaifaisinaga.ri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Rational emotive therapy; kecemasan; kematian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sinaga Ahmad Rifai
Date Deposited: 13 Aug 2018 08:01
Last Modified: 13 Aug 2018 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27329

Actions (login required)

View Item View Item