دراسة تحليلية عن الكتاب “حسن الصياغة” للشيخ محمد ياسين بن عيسى الفادانى في تعليم علم البلاغة بمدرسة نور الجديد الثانوية قسم العلوم الدينية من أوجه نظرية مكي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamiliah, Izzah (2018) دراسة تحليلية عن الكتاب “حسن الصياغة” للشيخ محمد ياسين بن عيسى الفادانى في تعليم علم البلاغة بمدرسة نور الجديد الثانوية قسم العلوم الدينية من أوجه نظرية مكي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzah Kamiliah_D02214005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu masalah yang muncul dalam proses pembelajaran Balaghah adalah pemilihan Text Book. Para murid kerapkali mengeluh pada gurunya tentang sulitnya memahami Text Book Balaghah. Salah satu Text book balaghah yang kita temukan adalah kitab Husnul Syiyaghah karangan Syekh Muhammad Yasin Bin Isa Al Fadany beliau adalah orang Padang, Indonesia. Peneliti membahas tentang Studi teoritis kitab “Husnus Siyaghah” karangan Syekh Muhammad Yasin Bin Isa Al Fadany dalam pembelajaran Ilmu Balaghah di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Program Keagamaan dengan rumusan masalah : (1) Bagaimana analisis materi dalam kitab “Husnus Siyaghah” karangan Syekh Muhammad Yasin Bin Isa Al Fadany dari segi pemilihan materi (2) Bagaimana analisis materi dalam kitab “Husnus Siyaghah” karangan Syekh Muhammad Yasin Bin Isa Al Fadany dari segi Gradasi materi (3) Bagaimana analisis materi dalam kitab “Husnus Siyaghah” karangan Syekh Muhammad Yasin Bin Isa Al Fadany dari segi Presentasi materi (4) Bagaimana analisis materi dalam kitab “Husnus Siyaghah” karangan Syekh Muhammad Yasin Bin Isa Al Fadany dari segi Pengulangan materi. Untuk menjawab permasalahan tersebut metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Dan metode pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan berupa observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kitab cocok untuk siswa pemula dan mengerti Ilmu Nahwu dan Shorrof walau ditemukan beberapa contoh kurang pas namun contoh ini tidak membingungkan siswi. Pengorganisasian kitab ini sistematis dan biasa merangsang pikiran siswa. Proses pembelajaran menggunakan kitab ini efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamiliah, IzzahIzzahKamiliah1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis Mackey
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Kamiliah Izzah
Date Deposited: 14 Aug 2018 01:29
Last Modified: 14 Aug 2018 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27339

Actions (login required)

View Item View Item