Identifikasi tipe penalaran kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari kemampuan matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hijriyah, Lailatul (2018) Identifikasi tipe penalaran kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari kemampuan matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatul Hijriyah_D04214008.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penalaran kreatif adalah suatu cara berpikir yang harus memenuhi empat hal, yaitu kebaruan (novelty), fleksibilitas (flexibility), masuk akal (plausibility), dan berlandasan matematis (mathematical foundation). Penalaran kreatif diklasifikasikan dalam 2 tipe, yaitu penalaran kreatif lokal (Local Creative Reasoning/LCR) dan penalaran kreatif global (Global Creative Reasoning/GCR). Setiap siswa memiliki perbedaan kemampuan matematika yang dapat mempengaruhi tipe penalaran kreatifnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe penalaran kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah yang diperoleh berdasarkan hasil tes kemampuan matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator tipe penalaran kreatif. Perbedaan penalaran kreatif tipe Local Creative Reasoning (LCR) dan Global Creative Reasoning (GCR) terletak pada komponen kebaruan (novelty) dan fleksibilitas (flexibility). Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Tipe penalaran kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari kemampuan matematika tinggi dan sedang yaitu menggunakan penalaran kreatif tipe Local Creative Reasoning (LCR) atau tidak menggunakan kedua tipe penalaran kreatif. (2) Tipe penalaran kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari kemampuan matematika rendah yaitu tidak menggunakan kedua tipe penalaran kreatif baik Local Creative Reasoning (LCR) maupun Global Creative Reasoning (GCR).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hijriyah, LailatulHijriyah.lala@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Tipe penalaran kreatif; menyelesaikan masalah; kemampuan matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hijriyah Lailatul
Date Deposited: 14 Aug 2018 01:41
Last Modified: 14 Aug 2018 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27346

Actions (login required)

View Item View Item