Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning menggunakan pop up book pada materi trigonometri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitasari, Fitri Dwi (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning menggunakan pop up book pada materi trigonometri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitri Dwi Puspitasari_D74213065.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang dapat membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri atas RPP dan pop up book. Perangkat pembelajaran tersebut dikembangkan dengan model pembelajaran problem based learning menggunakan pop up book pada materi trigonometri. Untuk memperoleh data tersebut peneliti melakukan penelitian di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Kelas X-IPS yangberjumlah 26 siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model R&D, adapun tahapannya yakni tahap pendahuluan, tahap perancangan perangkat pembelajaran, tahap validasi dan uji coba terbatas. Data yang diperoleh selama penelitian ini berupa hasil keterlaksanaan sintaks, aktivitas siswa dan angket respon siswa. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP berkategori valid dengan rata-rata sebesar 4,62; kevalidan pop up book berkategori valid dengan rata-rata sebesar 4,54. Kepraktisan untuk RPP sebesar 2 poin jawaban Sangat Setuju (SS) dan 8 poin jawaban Setuju (S) yang berarti dalam kategori praktis; kepraktisan pop up book sebesar 79,2% yang berarti dalam kategori praktis. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase keterlaksanaan sintaks sebesar 90% pada pertemuan pertama dan 100% pada pertemuan kedua; persentase aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran lebih besar daripada persentase yang tidak mendukung pembelajaran; dan respon positif siswa sebesar 75,6%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitasari, Fitri DwiFitrigirls11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Pembelajaran; problem based learning; pop up book
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Puspitasari Fitri Dwi
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:19
Last Modified: 14 Aug 2018 06:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27347

Actions (login required)

View Item View Item