Identifikasi faktor penyebab berpikir pseudo siswa dalam menyelesaiakan masalah pertidaksamaan eksponen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufida, Imro'atul (2018) Identifikasi faktor penyebab berpikir pseudo siswa dalam menyelesaiakan masalah pertidaksamaan eksponen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imro'atul Mufida_D04213013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan situasi yang terjadi disekitar peneliti mengenai bagaimana siswa menyelesaikan masalah matematika. Siswa seringkali beranggapan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika cukup dengan memilih prosedur penyelesaian yang sesuai dengan masalah yang diberikan, tanpa mengetahui alasan mengapa prosedur tersebut digunakan. Hal tersebutlah yang memungkinkan siswa mengalami berpikir pseudo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab berpikir pseudo yang paling dominan dialami siswa dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan eksponen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA SMA Dharma Wanita Surabaya sebanyak 3 kelas jumlahnya 95 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes identifikasi jenis berpikir pseudo siswa dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan eksponen dan angket faktor penyebab berpikir pseudo siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor yaitu suatu prosedur yang utamanya dipergunakan untuk mereduksi data atau meringkas dari variabel yang banyak diubah menjadi sedikit variabel. Dalam melakukan analisis faktor, peneliti menggunakan bantuan software Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab siswa berpikir pseudo dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan eksponen terdiri dari 3 faktor yaitu: (1) Faktor kurangnya pemahaman dari materi prasyarat dan kurangnya persiapan sebelum pembelajaran matematika dengan sumbangan varian sebesar 22.186%, sehingga merupakan faktor yang paling dominan; (2) Faktor sikap dan kebiasaan siswa yang kurang baik dengan sumbangan varian sebesar 16.600%; dan (3) Faktor mudah menyerah dan kurang percaya diri dengan sumbangan varian sebesar 15.322%. Adapun sisanya 45.892% merupakan faktor-faktor lain yang tidak termasuk atau tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufida, Imro'atulimroatulmufidacantik@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Berpikir Pseudo; Berpikir Pseudo Konseptual; Berpikir Pseudo Analitik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mufida Imro'atul
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:44
Last Modified: 14 Aug 2018 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27360

Actions (login required)

View Item View Item