Analisis miskonsepsi siswa materi Bangun Datar Segiempat dibedakan dari gaya kognitif siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Fatmawati Nur Indah (2018) Analisis miskonsepsi siswa materi Bangun Datar Segiempat dibedakan dari gaya kognitif siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fatmawati Nur Indah Cahyani_D04213008.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi bisa terjadi jika konsepsi seseorang terhadap suatu materi berbeda dengan konsepsi yang diterima oleh ilmuwan atau para pakar di bidangnya. Miskonsepsi juga dapat dipandang sebagai struktur kognitif yang ada pada diri siswa yang tidak sesuai dengan konsepsi yang dikemukakan oleh para ahli di bidangnya. Sehingga miskonsepsi dengan gaya kognitif yang dimiliki siswa mempunyai keterkaitan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan jenis-jenis miskonsepsi dan faktor penyebabnya pada siswa SMPN 1 Mojoanyar dengan gaya kognitif field independent pada materi bangun datar segiempat, 2) mendeskripsikan jenis-jenis miskonsepsi dan faktor penyebabnya pada siswa SMPN 1 Mojoanyar dengan gaya kognitif field dependent pada materi bangun datar segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMPN 1 Mojoanyar tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes diagnostik miskonsepsi dan rekomendasi dari guru matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik miskonsepsi dan wawancara untuk mengetahui penyebab miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa field independent, yaitu 1) miskonsepsi klasifikasional, 2) miskonsepsi teoritikal. Penyebab miskonsepsi adalah pemikiran asosiatif, bahasa yang digunakan, pengalaman belajar yang kurang dan kurangnya penekanan materi oleh guru. Miskonsepsi yang dialami oleh siswa field dependent adalah 1) miskonsepsi klasifikasional meliputi: 2) miskonsepsi teoritikal. Penyebab miskonsepsi adalah prakonsepsi, pemikiran asosiatif, bahasa sehari yang digunakan, pengalaman belajar siswa, kurangnya penekanan materi dan kurangnya komunikasi antara guru dan siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Fatmawati Nur Indahfatmawatinur20ic@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Jenis miskonsepsi; gaya kognitif; bangun datar segiempat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyani Fatmawati Nur Indah
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:56
Last Modified: 14 Aug 2018 05:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27362

Actions (login required)

View Item View Item