Analisis kemampuan penalaran adaptif siswa ditinjau dari tipe kepribadian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yuni, Qurrotu (2018) Analisis kemampuan penalaran adaptif siswa ditinjau dari tipe kepribadian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Qurrotu Ayuni_D04213029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran adaptif merupakan salah satu kecakapan matematika yang mencakup kapasitas untuk berpikir secara logis, merefleksikan (reflection), memberi penjelasan (eksplanation) dan menjustifikasi (justification). Dalam proses penalaran adaptif ketika memecahkan masalah matematika, setiap siswa memiliki proses yang berbeda-beda, salah satunya yaitu berdasarkan tipe kepribadian yang dimiliki oleh siswa. Terdapat 4 tipe kepribadian menurut David Kersey, yaitu idealism, rational, artisan dan guardian. Tujuan penelitian ini yaitu dapat mengetahui kemampuan penalaran adaptif siswa dengan tipe kepribadian rational dan idealism. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian mengambil 8 siswa dari 90 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Taman yang terdiri dari 4 siswa yang memiliki tipe kepribadian rational dan 4 siswa yang memiliki tipe kepribadian idealism. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan wawancara berbasis tugas. Data yang sudaah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan indikator penalaran adaptif.
Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini bahwa siswa dengan tipe kepribadian rational dan idealism dalam memecahkan masalah matematika sudah memenuhi indikator penalaran adaptif, yaitu menyusun dugaan, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pernyataan, menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argumen, dan menemukan pola pada suatu gejala matematis. Siswa dengan tipe kepribadian rational lebih menggunakan logika dan kekuatan analisa untuk mengambil keputusan ketika menyelesaikan sebuah permasalahan. Sedangkan tipe kepribadian idealism lebih melibatkan perasaan dan pertimbangan yang diyakini ketika hendak mengambil keputusan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yuni, Qurrotuqurrotuayuni9595@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Penalaran Adaptif; Masalah Matematika; Kepribadian; Rational; Idealism
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: A'yuni Qurrotu
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:58
Last Modified: 28 Aug 2018 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27363

Actions (login required)

View Item View Item