Profil kemampuan koneksi Matematika siswa dalam menyelesaikan masalah Trigonometri ditinjau dari kemampuan Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Nurul (2018) Profil kemampuan koneksi Matematika siswa dalam menyelesaikan masalah Trigonometri ditinjau dari kemampuan Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Huda_D34211046.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang berkenaan dengan ide-ide, struktur-struktur, dan hubungan-hubungan yang diatur menurut aturan yang logis. Matematika terdiri atas berbagai konsep yang saling berkaitan satu dengan yang lain. Hal tersebut menuntut siswa untuk tidak sekedar tahu (knowing) dan hafal (memorizing) tentang konsep-konsep matematika, melainkan siswa harus mengerti dan memahami (to understand) konsep-konsep tersebut dan menghubungkan keterkaitan suatu konsep dengan konsep lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan koneksi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang yang diambil dari siswa kelas XI IPA di MA Raden Paku Wringinanom Gresik yang didasarkan pada kemampuan matematika. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan wawancara. Tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator kemampuan koneksi matematika dalam menyelesaikan masalah berdasarkan tahap Polya yaitu pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian dan melihat kembali penyelesaian. Berkaitan dengan tujuan penelitian, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan koneksi matematika siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah trigonometri tergolong baik, kemampuan koneksi matematika siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah trigonometri tergolong cukup, dan kemampuan koneksi matematika siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah trigonometri tergolong kurang. Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematika siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari kemampuan matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Nurulnurulhuda.pmt@gmaail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan; Kemampuan koneksi Matematika; Kemampuan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Huda Nurul
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:57
Last Modified: 14 Aug 2018 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27366

Actions (login required)

View Item View Item