Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis video animasi dengan menggunakan Adobe After Effect

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saadah, Ifa Datus (2018) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis video animasi dengan menggunakan Adobe After Effect. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ifa Datus Saadah_D94211073.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran matematika berbasis video animasi dengan menggunakan Adobe After Effect. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) yang telah dimodifikasi oleh peneliti menjadi enam tahap awal saja. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIIIG SMP Negeri 1 Selorejo Blitar yang mengikuti seluruh kegiatan uji coba menggunakan media pembelajaran matematika berbasis video animasi. Desain penelitian dalam uji coba terbatas pada fase penilaian menggunakan desain oneshot case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah field note, validasi ahli, angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan media pembelajaran berbasis video animasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh data mengenai proses pembuatan media pembelajaran matematika berbasis video animasi yaitu berawal dari tahap pra produksi (penyusunan materi, skenario, pembuatan model sheet dan gambar pendukung lainnya, serta casting and recording), tahap produksi (penganimasian menggunakan Adobe After Effects CC 2015) serta tahap pasca produksi (penggabungan antar adegan, penambahan audio dan render) sehingga dihasilkan produk media pembelajaran matematika berbasis video animasi. Untuk hasil kevalidan media pembelajaran matematika berbasis video animasi oleh ahli media sebesar 2,92 dalam artian valid dan kevalidan media pembelajaran matematika berbasis video animasi oleh ahli materi sebesar 2,9 dalam artian valid. Media pembelajaran matematika berbasis video animasi yang dikembangkan dinilai praktis oleh para validator dengan nilai kualitatif B yang artinya media dapat digunakan dengan sedikit revisi. Media pembelajaran matematika berbasis video animasi yang dikembangkan dinilai efektif dilihat dari respon siswa yang positif terhadap pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran matematika berbasis video animasi sebesar 85%. Media pembelajaran matematika berbasis video animasi juga dinilai efektif jika dilihat dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saadah, Ifa Datusifadatus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Video Animasi, Adobe After Effect
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Saadah Ifa Datus
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:09
Last Modified: 14 Aug 2018 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27367

Actions (login required)

View Item View Item