Pengembangan pembelajaran matematika kooperatif dengan pendekatan saintifik yang mengintegrasikan pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada materi SPLDV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rukmana, Siti Hidayati (2018) Pengembangan pembelajaran matematika kooperatif dengan pendekatan saintifik yang mengintegrasikan pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada materi SPLDV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Hidayati Rukmana_D04211015 PUBLIKASI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran matematika kooperatif dengan pendekatan scietifik yang mengintegrasikan pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII-A MTs Al-falah Baureno Bojonegoro sebagai subjek penelitian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu RPP, LKS dan Buku Siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur penelitian Plomp yang terdapat tiga fase, yaitu fase pendahuluan, fase prototipe,dan fase assessment. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi validasi, observasi, angket, dan tes. Data penelitian analisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 4,04; kevalidan LKS sebesar 4,05; kevalidan Buku Siswa sebesar 4,17. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran mendukung kriteria efefktif dikarenakan presentase siswa yang mendukung pembelajaran lebih banyak daripada siswa yang tidak mendukung pembelajaran; keterlaksanaan sintaks sebesar 96% pada pertemuan pertama, dan 100% pada pertemuan kedua; kemampuan guru menerapkan pembelajaran sebesar 3,53; respon positif siswa sebesar 91,05%; dan ketuntasan belajar siswa sebesar 81,96%. Pengembangan perangkat pembelaran matematika kooperatif dengan pendekatan saintifik yang mengintegrasikan pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dapat digunakan dalam pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rukmana, Siti Hidayatisitihidayati151293@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: pembelajaran matematika kooperatif, pendekatan saintifik, pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rukmanah Siti Hidayati
Date Deposited: 15 Aug 2018 02:51
Last Modified: 15 Aug 2018 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27413

Actions (login required)

View Item View Item