Analisis proses berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan soal berstandar PISA ditinjau dari tipe kepribadian extrovert-introvert

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wafida, Anisatul (2018) Analisis proses berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan soal berstandar PISA ditinjau dari tipe kepribadian extrovert-introvert. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anisatul Wafidah_D74214052.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berpikir refraktif adalah proses berpikir yang dibangun melalui berpikir reflektif dan berpikir kritis. Terdapat 9 indikator berpikir refraktif yang dijadikan dasar untuk menganalisis proses berpikir refraktif. Indikator-indikator tersebut tidak bersifat hirearki. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses berpikir refraktif siswa dalam menyelesaiakan soal berstandar PISA ditinjau dari tipe kepribadian extrovert-introvert. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Taman pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas X. Subjek penelitian terdiri dari 2 subjek siswa tipe kepribadian extrovert dan 2 subjek siswa tipe kepribadian introvert. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis berpikir refraktif berstandar PISA dan lembar pedoman wawancara. Hasil tes tertulis dianalisis berdasarkan indikator berpikir refraktif. Sedangkan hasil wawancara dilakukan reduksi data terlebih dahulu, kemudian disajikan dalam bentuk skema dan naratif dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa extrovert dan introvert memiliki proses berpikir refraktif yang sama pada tiga tahap awal yaitu mengumpulkan informasi, menafsirkan informasi, dan menghubungkan setiap informasi dengan pengetahuan sebelumnya untuk menyelesaikan soal. Selanjutnya siswa extrovert menuju melaksanakan strategi yang sudah direncanakan sebelumnya dan mengajukan beberapa alternatif solusi berdasarkan ide serta mengeliminasi ide tersebut untuk memperoleh solusi penyelesaian terbaik. Siswa extrovert melakukan pemeriksaan jawaban ketika wawancara berlangsung. Berbeda dengan siswa introvert, setelah melalui tiga tahap awal proses berpikir refraktif, siswa introvert melakukan pemeriksaan dengan menggunakan pemeriksaan intuitif atau secara formal kemudian menuju melaksanakan strategi yang sudah direncanakan sebelumnya dan mengajukan beberapa alternatif solusi berdasarkan ide serta mengeliminasi ide tersebut untuk memperoleh solusi penyelesaian terbaik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wafida, Anisatulanisatulwafidah.aw@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Proses Berpikir Refraktif; PISA; Extrovert-Introvert
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wafidah Anisatul
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:26
Last Modified: 14 Aug 2018 06:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27421

Actions (login required)

View Item View Item