Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan tugas berbasis proyek video

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naufal, Moh (2018) Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan tugas berbasis proyek video. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh Naufal D04211031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Komunikasi bukan hanya kita gunakan dalam kehidupan bersosial saja. Begitu juga di sekolah, komunikasi sangat diperlukan tak terkecuali dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa pada saat pembelajaran terlihat lemah, dikarenakan ketika guru memberi pertanyaan, siswa merasa tidak percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya. Salah satu penyebabnya adalah lemahnya komunikasi matematis siswa. Untuk mengatasinya dibutuhkan metode pembelajaran yang sesuai. Metode yang dapat digunakan tidak hanya membangkitkan motivasi belajar siswa, tetapi juga bisa mengembangkan kemampuan komunikasi matematis yang mereka miliki. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah pembelajaran tugas berbasis proyek video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan tugas proyek siswa serta kemampuan komunikasi matematis siswa dalam enyelesaikan tugas berbasis proyek video. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata. Penelitian dilakukan di SMP IT At Taqwa Surabaya dengan Subjek 20 orang siswa perempuan kelas VII-D. Instrumen dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, lembar observasi dan lembar kerja proyek. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi. Catatan lapangan digunakan untuk melihat proses pelaksanaan tugas proyek video. Sedangkan lembar observasi digunakan untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa dan lembar kerja proyek digunakan sebagai instrumen pendukung untuk mendapatkan data kemampuan kounikasi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan ada dua yaitu analisis proses pelaksanaan tugas proyek dan analisis kemampuan komunikasi matematis siswa.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses pelaksanaan tugas proyek video dari masing-masing kelompok sangat bervariasi. Pada tahap persiapan, pelaksanaan, dan presentasi setiap kelompok memiliki cara sendiri untuk menampilkan yang terbaik pada pembuatan video. Dari hasil tugas proyek siswa, peneliti juga menemukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa adalah kemampuan komunikasi matematis tinggi dan kemampuan komunikasi matematis sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naufal, Mohnaufalrespect506@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: kemampuan komunikasi : komunikasi matematis : proyek video
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Naufal Moh
Date Deposited: 15 Aug 2018 03:09
Last Modified: 15 Aug 2018 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27422

Actions (login required)

View Item View Item