تحليل الأخطاء الإملائية في الرسائل الجامعية؛ رسائل شعبة تعليم اللغة العربية بكلية التربية والتعليم بجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا-نموذجا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Uliz (2018) تحليل الأخطاء الإملائية في الرسائل الجامعية؛ رسائل شعبة تعليم اللغة العربية بكلية التربية والتعليم بجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا-نموذجا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Uliz Zakiyah_D92213094.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Terpilihnya judul ini dilatar belakangi oleh lemahnya kemampuan menulis mahasiswa dalam penulisan skripsi. Di antara problem-problem yang timbul dalam benak mahasiswa bermaca-macam. Oleh karena itu, peneliti menganalisis sampel skripsi untuk memberitahukan kesalahan-kesalahan tersebut pada pembaca dan memperkenalkan pembenarannya serta penafsiran kesalahannya. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Apa saja kesalahan-kesalahan imla’ dalam skripsi tersebut? 2. Apa saja pembenaran kesalahan-kesalahan tersebut? 3. Apa saja tafsir kesalahan-kesalahan tersebut? Populasi penelitiannya adalah skripsi milik alumni tahun 2015 dan 2016 (148 skripsi). Adapun sampel yang diambil adalah 35 skripsi.Untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut, peneliti menggunakan kualitatid-kuantitatif. Adapun metode yang digunakan untuk menumpulkan data adalah metode dokumentasi. Analisis ini menunjukkan bahwa kesalah hamzah qath’ (116)lebih banyak dari pada kesalahan hamzah washl (52). Adapun tafsir kesalahannya adalah : Agaknya peneliti tidak mengetahui cakupan kaidah yang telah ditetapkan, agaknya peneliti tergesa-gesa dalam menulis dan agaknya peneliti tidak menguasai kaidah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, Ulizulizzakiyah19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Analisis kesalahan penulisan; pembenaran kesalahan penulisan; penjelasan kesalahan penulisan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zakiyah Uliz
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:33
Last Modified: 14 Aug 2018 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27448

Actions (login required)

View Item View Item