Profil penalaran kuantitatif dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan numerik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Nia Fitria (2018) Profil penalaran kuantitatif dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan numerik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nia Fitria Dewi_D94213114.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penalaran kuantitatif adalah kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika untuk menganalisis informasi kuantitatif dan untuk menentukan keterampilan dan prosedur yang dapat diterapkan pada masalah tertentu untuk sampai pada suatu solusi. Penalaran kuantitatif sangat penting dalam penalaran matematika karena penalaran kuantitatif berfokus pada pemecahan masalah pada siswa. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah bisa dilihat dari tingkat kecerdasan yang digolongkan menjadi tiga yaitu, kecerdasan numerik tinggi, sedang, dan rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran kuantitatif dari siswa yang memiliki kecerdasan numerik tinggi, sedang, dan rendah agar nantinya dapat menjadi pertimbangan untuk mengembangkan penalaran kuantitatif dari siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa yang terdiri dari dua siswa yang memiliki kecerdasan numerik tinggi, dua siswa yang memiliki kecerdasan numerik sedang, dan dua siswa yang memiliki kecerdasan numerik rendah yang diambil dari kelas X IPA 3 MAN Surabaya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. Data tersebut selanjutnya dianalisis sesuai dengan indikator tiap-tiap penalaran kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa profil penalaran kuantitatif dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan numerik tinggi kedua subjek dapat membaca dan memahami informasi dengan baik, dapat menginterprestasi informasi kuantitatif dan menarik kesimpulan pada soal nomor 1 dan 2 yang telah diberikan, dapat memecahkan masalah dengan baik dan benar, dapat memperkirakan jawaban dan memeriksa kembali jawaban yang sudah didapatkan, dapat mengkomunikasikan informasi kuantitatif dengan baik dan benar, dan siswa dapat mengenali keterbatasan penggunaan metode yang digunakan menyelesaikan soal nomor 1 dan 2. Kecerdasan numerik sedang kedua subjek tidak dapat mencapai indikator penalaran kuantitatif dengan baik, pada indikator inilah siswa tidak bisa mencapai denga baik yaitu, membaca dan memahami informasi, memecahkan masalah, mengkomunikasikan informasi kuantitatif karena siswa tidak dapat menjelaskan secara lisan dengan baik. Kecerdasan numerik rendah kedua subjek tidak mampu membaca dan memahami informasi, tidak mampu menginterprestasi informasi kuantitatif dan menarik kesimpulan tersebut, tidak mampu memecahkan masalah, tidak mampu memperkirakan jawaban dan memeriksa kembali jawaban, tidak mampu mengkomunikasikan informasi kuantitatif, dan tidak mampu mengenali keterbatasan penggunaan metode.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Nia Fitrianiaira1616@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dewi Nia Fitria
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:53
Last Modified: 15 Aug 2018 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27466

Actions (login required)

View Item View Item