Analisis hukum Islam terhadap akad potongan nilai harga sampah di Bank Sampah Tanjung Bahagia: studi kasus di Tanjung Sari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Mahendra Adetya (2018) Analisis hukum Islam terhadap akad potongan nilai harga sampah di Bank Sampah Tanjung Bahagia: studi kasus di Tanjung Sari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mahendra Adetya Pratama_C72214087.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Pertama, Bagaimana Praktik Hukum Islam Terhadap akad Potongan Nilai Harga Sampah Di Bank Sampah Tanjung Bahagia Surabaya?; kedua, bagaimana analisis hukum islam terhadap akad potongan nilai harga Di bank Sampah Tanjung Bahagia Tanjung Sari? Data Penelitian dihimpun melalui wawancara dan studi dokumentasi di Bank Sampah Tanjung Bahagia yang selajutnya di analisis menggunakan deskriptif analisis dengan pola deduktif, yaitu memaparkan terlebih dahulu fakta empiris tentang jual beli akad potongan nilai harga di Bank Sampah Tanjung Bahagia dan Selanjutnya dianalisis dengan konsep dalam hukum Islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik jual beli dalam Akad Nilai Potongan Harga Pada Bank Sampah Tanjung Bahagia terdapat unsur gharar karena bertentangan dengan etika jual beli dalam Islam. Hal tersebut disebabkan olehpada pembagian hasil pada jmual beli sampah tidak memiliki transparasi terhadap penjual dan pembeli. Unsur yang menyimpang juga ditemui karena penetapan harga pembagian hasil Unsur lain yang bertentangan juga karena terdapat perbedaan harga terhadap penjual, hal tersebut disebut dengan diskriminasi harga. Karena perbedaan harga tersebut seharusnya tidak memiliki presentase yang cukup tinggi. Sehubungan dengan kesimpulan diatas, maka demi mewujudkan penerapan hukum Islam dengan baik, benar dan adil diBank Sampah Tanjung Bahagia, sebaiknya tidak memberikan potongan nilai harga yang terlalu signifkan karena penjual juga menginginkan harga yang biasa mereka dapatkan dengan fasilitas yang sama pula. Dan diharapkan untuk pembeli yang agar dapat memperlihatkan kegunaan uang dari penjual sampah kering tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Mahendra Adetyamahendraadetya21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Musyarakah
Keywords: Akad potongan nilai harga sampah; Bank Sampah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Pratama Mahendra Adetya
Date Deposited: 16 Aug 2018 06:08
Last Modified: 16 Aug 2018 06:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27480

Actions (login required)

View Item View Item