Konsep pendidikan akhlak perspektif Abdu Al-Wahab Al-Sya’roni: studi tentang kajian pendidikan akhlak dalam kitab Al-Minah Al-Saniyah karya Abdu Al-Wahab Al-Sya’roni

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyo, Zaki Oftavian (2018) Konsep pendidikan akhlak perspektif Abdu Al-Wahab Al-Sya’roni: studi tentang kajian pendidikan akhlak dalam kitab Al-Minah Al-Saniyah karya Abdu Al-Wahab Al-Sya’roni. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zaki Oftavian C. _D71214082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan saat ini sering dikritik oleh masyarakat dikarenakan sangat kurang perbekalan ilmu akhlak dalam menghadapi ancaman-ancaman yang sangat serius yakni terutama berupa dekadansi moral serta hilangnya nilai-nilai sosial.. Perbuatan tersebut telah meresahkan masyarakat dan merepotkan berbagai pihak. Berangkat dari problematika yang ada, maka menjadi penting bahwa pendidikan akhlak adalah hal yang fundamental dimiliki oleh peserta didik. Oleh karena itu, perlu kiranya bentuk kembali mempelajari pemikiran seorang ulama’ tasawuf yang dalam pemikirannya memposisikan akhlak secara primer. Masalah yang diteliti adalah 1.) Bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam perpektif Abdul Wahab Al-Sya’rani? 2.) Bagaimana relevansi konsep pendidikan akhlak perpektif Abdul Wahab Al-Sya’rani dalam kitab Al-Minah Al-Saniyah dengan buku Aqidah Akhlak ? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menganalisis dengan jenis penelitian kualitatif dengan model kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumenter. Berdasarkan uraian tersebut, data penelitian dapat disimpulkan bahwa 1.) dalam kitab tersebut dapat diklasifikasikan menjadi tiga kategori, yakni akhlak kepada Allah(taubat, istighfar, dzikir , sholat berjamaah, sholat malam) akhlak kepada sesama manusia(berbuat baik kepada sesama, menghindari sifat pamer, jujur dalam bekerja dan larangan dzalim) dan akhlak kepada diri sendiri (meninggalkan perkara mubah, menjauhi barang haram, memiliki rasa malu, memarangi hawa nafsu, mengasingkan diri,meneliti anggota dan diam). 2.) Berdasarkan pemikiran-pemikiran Abdul Wahab Al-Sya’rani tentang konsep pendidikan akhlak sangat relevan dengan buku Aqidah Akhlak yang dapat dijelaskan dari persamaan dan perbedaan di keduanya. Adapun persamaanya adalah ada konsep Akhlak kepada Allah; ada konsep Akhlak kepada sesama; tema taubat, larangan riya`, dzalim. Sedangkan perbedaannya adalah Dalam alminah alsaniyah ada konsep akhlak kepada diri sendiri.; Dalam tema taubat dalam akidah akhlak indikatornya 1.; Dalam minah al saniyah indikatornya ada 4.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyo, Zaki OftavianZacky.octavian@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Pendidikan
Keywords: Konsep Pendidikan Akhlak; Kitab Al-Minah Al-Saniyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cahyo Zaki Oftavian
Date Deposited: 14 Aug 2018 08:30
Last Modified: 14 Aug 2018 08:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27484

Actions (login required)

View Item View Item