Relasi gadget dengan pelaku tarekat di pesantren Ahlus-Shafa Wal-Wafa perspektif postphenomenology Don Ihde

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andreas, Andreas (2018) Relasi gadget dengan pelaku tarekat di pesantren Ahlus-Shafa Wal-Wafa perspektif postphenomenology Don Ihde. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Andreas_E21213119.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan dan relasi gadget dengan pelaku tarekat di Pesantren Ahlus-Shafa Wal-Wafa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penggunaan gadget pelaku tarekat di Pesantren Ahlus-Shafa Wal-Wafa? Bagaimana relasi penggunaan gadget dengan pelaku tarekat perspektif postphenomenology Don Ihde? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teori perspektif postphenomenology Don Ihde. Penelitian ini menemukan bahwa, pelaku tarekat menggunakan gadget sebagai alat pengajian jarak jauh, media sosial dan nada sambung pribadi. Dalam perspektif postphenomenology Don Ihde terdapat empat relasi alat/teknologi dan manusia yaitu relasi kebertubuhan (embodiment relations), relasi hermeneutis (hermeneutic relations), relasi keberlainan (alterity relations), dan relasi latar belakang (background relations). Diantara empat relasi tersebut terdapat dua relasi yang termasuk dalam relasi gadget bagi pelaku tarekat yaitu relasi kebertubuhan dan relasi latar belakang. Sebagai relasi kebertubuhan, gadget menjadi perpanjangan tubuh pelaku tarekat sebagai alat pengajian jarak jauh dan media sosial. Selanjutnya, sebagai relasi latar belakang, penggunaan gadget sebagai nada sambung pribadi dan internet menjadi latar belakang penggunaan gadget pelaku tarekat. Dalam penggunaannya, gadget merubah pengalaman dan persepsi pelaku tarekat dalam mengalami dunianya. Penggunaan gadget oleh pelaku tarekat juga mempunyai penghayatan yang lebih dalam daripada umumnya masyarakat. Demikian itu disebabkan pengahayatan laku tarekat yang meliputi setiap pengalaman dunia kehidupan pelaku tarekat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andreas, AndreasAndreaskaspa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Agama
Teknologi
Keywords: Pelaku tarekat; gadget: postphenomenology Don Ihde
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Andreas Andreas
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:11
Last Modified: 15 Aug 2018 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27490

Actions (login required)

View Item View Item