Pengembangan perangkat pembelajaran interaktif berbantuan program geometr's sketchpad untuk siswa SMP/MTs

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamia, Sumai Batul (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran interaktif berbantuan program geometr's sketchpad untuk siswa SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sumai Batul Islamia_D74213093.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan mengidentifikasi geometri transformasi. Salah satu penyebabnya adalah objek geometri yang bersifat abstrak dan pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Guna mengatasi kesulitan siswa, dikembangkan perangkat pembelajaran interaktif berbantuan program Geometer’s Sketchpad. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan model pembelajaran interaktif berbantuan program Geometer’s Sketchpad pada materi transformasi untuk siswa SMP kelas IX. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari perangkat pembelajaran tersebut. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan R&D. Tahapan tersebut meliputi 1) mengetahui potensi dan masalah; 2) mengumpulkan informasi; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) perbaikan desain; 6) uji coba produk terbatas dan menghasilkan produk akhir. Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas IX SMPN 13 Surabaya. Data yang diperoleh selama penelitian ini berupa hasil aktivitas siswa, keterlaksanaan sintaks, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan masuk dalam kategori valid. Validitas RPP mendapatkan rata-rata sebesar 3,35 sedangkan buku siswa mendapat rata-rata sebesar 3,33 dan LKS mendapat rata-rata sebesar 3,6. Perangkat pembelajaran masing-masing dinilai praktis oleh para ahli dengan penilaian RPP mendapat kategori A, buku siswa mendapat kategori B, dan LKS mendapat kategori A, yang berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan tanpa revisi. Perangkat pembelajaran juga telah memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase keterlaksanaan sintaks sebesar 89% pada pertemuan pertama dan 96% pada pertemuan kedua, aktivitas siswa yang relevan selama proses pembelajaran memiliki rata-rata sebesar 85,86%, respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan persentase sebesar 86,3%, dan tes hasil belajar siswa memenuhi standar ketuntasan 85% .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamia, Sumai Batulsumaibatul95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Islamia Sumai Batul
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:00
Last Modified: 15 Aug 2018 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27497

Actions (login required)

View Item View Item