Analisis hukum Islam terhadap implementasi akad murabahah dalam pembiayaan penggadaan barang di KJKS BMT Usaha Artha Sejahtera Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Nurul (2018) Analisis hukum Islam terhadap implementasi akad murabahah dalam pembiayaan penggadaan barang di KJKS BMT Usaha Artha Sejahtera Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Lailiyah_C92214124.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana implementasi akad mura>bah}ah dalam pembiayaan pengadaan barang di KJKS BMT Usaha Artha Sejahtera Bojonegoro dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap akad mura>bah}ah dalam pembiayaan pengadaan barang di KJKS BMT Usaha Artha Sejahtera Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara (interview). Selanjutnya data disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yakni pendekatan yang diperoleh melalui pengamatan dan fenomena atau fakta-fakta yang ada di lapangan untuk menggali dan mendapatkan data tentang implementasi pembiayaan mura>bah}ah di BMT UAS Bojonegoro dan kemudian disajikan dalam bentuk uraian naratif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pembiayaan mura>bah}ah merupakan pembiayaan jual beli barang, baik barang besar atau kecil, barang yang mudah dibawa atau pun yang sulit untuk dijangkau, pihak BMT UAS lebih memilih mencairkan sejumlah uang yang dibutuhkan anggota nasabah. Dengan alasan pihak BMT UAS tidak kesulitan dalam mencari barang yang dikehendaki anggota nasabah, dan pihak BMT UAS juga tidak menanggung resiko apabila barang yang dikehendaki nasabah tersebut mengalami kerusakan dan tidak bergaransiaa. Akad mura>bahah juga digunakan sebgai akad pembiayaan pinjaman tertentu yang digunakan sebagai pembiayaan konsumtif bagi anggota nasabah. Akad mura>bah}ah yang diterapkan oleh BMT Usaha Artha Sejahtera Bojonegoro dapat dikatakan kurang tepat. jika ditinjau dari hukum Islam, penerapan akad pembiayaan mura>bah}ah belum sesuai dengan ketentuan-ketentuan hukum Islam dann Fatwa Dewan Syariah Nasional Nasional MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang murabah}ah. Secara tidak langsung pihak BMT UAS Bojonegoro tidak menolak untuk tidak mengabulkan permintaan nasabah, hanya saja permintaan nasabah yang berupa barang diganti dengan uang senilai harga barang. Meskipun begitu, niat baik BMT UAS Bojonegoro patut diapresiasi (diberi respon yang positif). Karena tujuan BMT UAS Bojonegoro mentapkan akad pembiayaan pembelian barang ini adalah atas dasar tolong menlong, untuk membantu nasabah yang mengajukan permohonan pembiayaan pembelian berupa barang (besar), sehingga apa yang diinginkan oleh nasabah/anggota terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian penulis di BMT UAS Bojonegoro, diharapkan dapat menerapkan akad pembiayaan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada, seperti akad pembiayaan pengadaan barang, agar tercapai visi dan misi yang telah dicantumkan. Dan lebih meningkatkan pembenahan dalam menerapkan akad pembiayaan yang diajukan oleh anggota nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Nurulnurullailiyah3396@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Murabahah
Koperasi
Keywords: Murabahah; pembiayaan; pengadaan barang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Lailiyah Nurul
Date Deposited: 15 Aug 2018 03:42
Last Modified: 15 Aug 2018 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27537

Actions (login required)

View Item View Item