Fenomena krisis lingkungan pada masyarakat di sekitar Pabrik Gula Gempolkrep Mojokerto dalam perspektif politik lingkungan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chabibah, Durrotul (2018) Fenomena krisis lingkungan pada masyarakat di sekitar Pabrik Gula Gempolkrep Mojokerto dalam perspektif politik lingkungan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Durrotul Chabibah_E04213021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah studi tentang fenomena krisis lingkungan pada masyarakat di sekitar pabrik gula Gempolkrep Mojokerto dalam perspektif politik lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai fenomena isu lingkungan yang terjadi pada masyarakat di sekitar Pabrik Gula Gempolkrep terkait dengan limbah dan asapnyadan menganalisis isu lingkungan tersebut dalam perspektif politik lingkungan. Metode penelitian dalam skripsi ini dikaji dengan metode penelitian kualitatif, yaitu kajian lapangan (field research) dengan melakukan wawancara dan observasi pada para informan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwaaktivitas pembungan limbah dan asap yang dihasilkan oleh pabrik juga masih menjadi keluhan masyarakat karena masih berpotensi membahayakan kehidupan. Hal tersebut terjadi karena paradigma antroposentrisme yang masih mendominasi dan masih banyak dianut oleh pabrik selama ini, sehingga menempatkan lingkungan hanya sebagai alat untuk memenuhi kepentingan (shallow ecological movement). Kendati mendapatkan keluhan dari pihak desa, dalam menghadapi isu lingkungan yang terjadi disekitar pabrik, pihak pabrik sendiri juga telah menerima keluhan untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi dan perbaikan agar limbah yang dihasilkan tidak merugikan masyarakat di sekitarnya.Sehingga atas dasar kepedulian masyarakat tersebut, pihak pabrik juga telah memberikan bantuan untuk ikut serta dalam menjalankan proyek RPK3 (Rencana Proyek Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan). Di samping itu, pihak pabrikjuga telah memberikan bantuan fasilitas berupa air, listrik, dan gula 1 kg per KK setiap kurun waktu tertentu, serta mempekerjakan masyarakat sekitar secara musiman agar mengurangi jumlah masyarakat yang menganggur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chabibah, Durrotuldurrotul.chabibah.ih@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Keywords: Politik Lingkungan ; Antroposentrisme :Biosentrisme, Ekosentrisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Chabibah Durrotul
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:22
Last Modified: 16 Aug 2018 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27598

Actions (login required)

View Item View Item