Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap reklamasi Teluk Jakarta: studi analisis terhadap putusan Mahkamah Agung nomor 92K/TUN/LH/2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Firda (2018) Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap reklamasi Teluk Jakarta: studi analisis terhadap putusan Mahkamah Agung nomor 92K/TUN/LH/2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Firda Cahyani_C75214004.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian pustaka yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana pertimbangan hukum hakim dalam Putusan Mahkamah Agung tentang reklamasi teluk Jakarta, serta menjawab bagaimana Putusan Mahkamah Agung Nomor 92K/TUN/LH/2017 jika ditinjau berdasarkan Siya>sah Dusturiyah. Data penelitian ini dihimpun menggunakan metode kepustakaan dan dokumenter. Analisis data menggunakan deskriptif analisis yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran mengenai obyek penelitian secara sistematis, faktual dan akurat mengenai obyek penelitian. Selanjutnya, hasil analisis tersebut disimpulkan dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pertimbangan hukum hakim dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor 92K/TUN/LH/2017 yang menolak gugatan kasasi dari kumpulan masyarakat nelayan, hanya didasarkan pada pencabutan surat kuasa sehingga masyarakat nelayan dianggap tidak menyerahkan memori kasasi. Padahal tidak ada bukti yang menyatakan bahwa masyarakat nelayan mencabut surat kuasanya. Sedangkan didalam konsep Siyasah Dusturiyah ketika lembaga peradilan memutuskan perkara harus sesuai dengan asas peradilan yang baik dan berdasarkan pada sumber Al-Qur’an dan Hadist. Siyasah Dusturiyah mengkaji prinsip hal-hal mendasar bagi suatu negara dan membawa kemaslahatan bagi setiap umat. Penulis mengharapkan adanya lembaga peradilan dalam memutuskan sebuah perkara harus lebih teliti, dan melihat fakta-fakta yang ada, Penulis juga berharap kebijakan pemerintah yang adil dalam menetapkan aturan-aturan yang mana keadilan pemerintah, ketaatan rakyat, musyawarah antara pemerintahan dengan rakyat merupakan hal yang penting bagi kehidupan masyarakat. Selain itu prinsip amanah dan keadilan demi kemaslahatan umat juga harus diterapkan dalam kehidupan bernegara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, FirdaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum Islam
Keywords: Siyasah dusturiyah; reklamasi Teluk Jakarta
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Cahyani Firda
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:29
Last Modified: 16 Aug 2018 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27636

Actions (login required)

View Item View Item