Efektivitas Sistem Full Day School dalam mengembangkan karakter siswa Di Mts Al-Jadid Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Dinka Rosyita (2018) Efektivitas Sistem Full Day School dalam mengembangkan karakter siswa Di Mts Al-Jadid Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dinka Rosyita Dewi_D91214088.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana Penerapan Sistem Full day School di MTs Al-Jadid Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana Karakter siswa di MTs Al-Jadid Waru Sidoarjo? (3) Bagaimana Efektivitas Sistem Full day School dalam mengembangkan Karakter Siswa di MTs Al-Jadid Waru Sidoarjo? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Terkikisnya akhlak anak muda di zaman sekarang, merupakan sebuah tantangan yang sangat berat bagi seorang guru di Indonesia. Terkhusus pada anak di usia remaja, atau bisa disebut dengan masa pubertas. Masa pubertas terjadi kepada laki-laki normal berusia 12-16 tahun, dan terjadi kepada perempuan normal berusia 11-15 tahun. Masa pubertas, ini adalah masa yang paling berbahaya. Anak usia remaja jika tidak mendapatkan perhatian khusus atau dapat pengawasan yang sedikit ekstra maka dia akan bisa menjadi liar atau tidak terarahkan. Dalam menghadapi krisis identitasnya sangat dipengaruhi oleh kondisi psikososialnya yang akan membentuk kepribadiannya. Ini merupakan upaya kepada guru dalam mengikuti masa pubertas anak tersebut. Jadi, orang dewasa mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam membentuk kepribadiannya. Apabila orang dewasa tidak dapat mengikuti perkembangan masa pubertas pada anak remaja, maka perkembangan remaja tersebut akan terhambatdan tidak berjalan dengan baik, khususnya pada aspek psikologis. Data-data penelitian ini dihimpun dari MTs Al-Jadid Waru, sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena menggunakan dua variabel, untuk analisis datanya menggunakan korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan “r” Product Moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan sistem full day school di MTs Al-Jadid Waru Sidoarjo dikategorikan cukup. Hal ini dapat dilihat dari data angket terdapat pada rentang 51-53 dengan prosentase 26 %. (2) Karakter siswa di MTs Al-Jadid Waru Sidoarjo dikategorikan baik. Hal ini berdasarkan dari data angket terdapat pada rentang 50-53 dengan prosentase 27%. (3) Hubungan efektivitas sistem full day school dalam mengembangkan karakter siswa di MTs Al-Jadid Waru Sidoarjo dinyatakan adanya hubungan antara sistem full day shcool dengan karakter siswa di MTs Al-Jadid Waru Sidoarjo. Hal ini dengan terbuktinya diterimanya Hipotesis Kerja (Ha) dan di tolaknya (Ho) dengan nilai rxy sebesar 0,4066. r = 0.219. koefisien determinasinya =〖 r〗^2 = 〖 0.4066〗^2 = 0,16

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Dinka Rosyitadinkarosyita7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Sistem full day school; Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dewi Dinka Rosyita
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:14
Last Modified: 16 Aug 2018 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27659

Actions (login required)

View Item View Item