Peningkatan kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS materi Lingkungan Alam dan Buatan menggunakan model Problem Based Learning di Kelas III MI Manbaul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Nur (2018) Peningkatan kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS materi Lingkungan Alam dan Buatan menggunakan model Problem Based Learning di Kelas III MI Manbaul Ulum Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afifah_D77214043.pdf

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi lingkungan alam dan buatan di kelas III MI Manbaul Ulum Surabaya. Dari data yang di dapat hanya 4 siswa dari 29 yang memenuhi KKM 70 . Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan memecahkan masalah siswa kelas III. Penerapan model problem based learning dipilih menjadi solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan di kelas III MI Manbaul Ulum Surabaya. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah mata pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan menggunakan model problem based learning di kelas III MI Manbaul Ulum Surabaya. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pada satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Manbaul Ulum yang terdiri dari 29 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan model problem based learning. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model problem based learning sudah diterapkan dengan baik. Dibuktikan dengan peningkatan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 86 (baik) menjadi 94 (sangat baik) pada siklus II. Demikian juga peningkatan hasil aktivitas siswa dari skor 77,1 (cukup) pada siklus I menjadi 91,3 (sangat baik) pada siklus II. (2) Peningkatan kemampuan memecahkan masalah pada materi lingkungan alam dan buatan mengalami peningkatan. Dibuktikan dengan nilai kemampuan memecahkan masalah siswa pada pra siklus sebesar 47,7 dengan persentase ketuntasan belajar 13,79% (sangat kurang), meningkat menjadi 54,14 dengan persentase ketuntasan belajar 20,6% (sangat kurang) pada siklus I, dan menjadi 72,80 dengan persentase ketuntasan belajar 82,75% (baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Nurnur.afifah276@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Kemampuan memecahkan masalah; problem based learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afifah Nur
Date Deposited: 21 Aug 2018 08:06
Last Modified: 21 Aug 2018 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27702

Actions (login required)

View Item View Item