Analisis hukum pidana islam terhadap pembunuhan santri di pondok at-taqwa muhammadiyah kranji paciran lamongan 9studi kasus putusan nomor 14/pid.sus-anak/2016/pn.lmg

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Eka Rif'atul (2018) Analisis hukum pidana islam terhadap pembunuhan santri di pondok at-taqwa muhammadiyah kranji paciran lamongan 9studi kasus putusan nomor 14/pid.sus-anak/2016/pn.lmg. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Eka Rif'atul Jannah_C73214044.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Hukum Pidana Islam terhadap Pembunuhan Santri di Pondok At-Taqwa Muhammadiyah Kranji Paciran Lamongan (Studi Kasus Putusan Nomor 14/Pid.Sus-anak/2016/PN.Lmg)”. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana pertimbangan hukum hakim pada Putusan Pengadilan Negeri Lamongan Putusan Nomor 14/Pid.Sus-anak/2016/PN.Lmg dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap Putusan Pengadilan Negeri Lamongan Putusan Nomor 14/Pid.Sus-anak/2016/PN.Lmg, dalam hal menjatuhkan hukuman kepada para Anak dengan dakwaan tunggal menurut pasal 70c Jo pasal 80 ayat 3 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Data penelitian adalah data pertimbangan hukum hakim mengenai putusan Pengadilan Negeri Lamongan Nomor 14/Pid.Sus-anak/2016/PN.Lmg dan data tinjauan hukum pidana Islam terhadap putusan Pengadilan Negeri Lamongan Nomor 14/Pid.Sus-anak/2016/PN.Lmg.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik studi dokumentasi, yaitu teknik memperoleh data dengan cara menelaah dokumen, yaitu membaca, mengkaji, merangkum, menulis dan mengumpulkan data yang berkaitan dengan Putusan Nomor 14/Pid.Sus-anak/2016/PN.Lmg yang menjatuhkan hukuman kepada para Anak dengan dakwaan tunggal. Selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif untuk diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan pertama, bahwa ada dua pertimbangan hakim dalam putusan ini yaitu pertimbangan yang bersifat yuridis dan pertimbangan yang bersifat sosiologis. Kedua, tinjauan hukum pidana Islam pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa pada putusan tersebut, sudah sesuai dengan teori hukum pidana Islam yaitu jarimah ta’zir.Diharapkan hakim agar lebih kritis dan bijaksana sehingga hukuman yang diberikan kepada terdakwa benar-benar berdampak baik secara preventif, represif, maupun kuratif .Untuk para orang tua dan masyarakat, diharapkan agar lebih meningkatkan kewaspadaannya dalam menjaga dan melindungi anak, tanamkan akhlak yang baik karena anak yang berusia 15 tahun ke atas di fase itulah para Anak mengalami pubertas. Sehingga pola berfikirnya masih bisa berubah-ubah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Eka Rif'atuleka_rjannah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Pidana Positif
Keywords: Analisis hukum : pidana islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Jannah Eka Rif'atul
Date Deposited: 16 Aug 2018 08:51
Last Modified: 16 Aug 2018 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27741

Actions (login required)

View Item View Item